Upacara Pemberian 226 Remisi WBP Rutan Kelas IIB Sengkang, Amran Mahmud Apresiasi Jajaran Lembaga Pemasyarakatan

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) — Sebanyak 226 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Sengkang menerima Remisi Umum di moment HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Juga Seorang WBP menerima Remisi Umum (RU) II atau langsung bebas.

Pemberian remisi umum diserahkan secara simbolis oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud pada upacara Pemberian Remisi di Lapangan Rutan Kelas IIB Sengkang, Desa Lempa Kecamatan Pammana, Kamis (17/8/2023).

Amran Mahmud yang menjadi Inspektur Upacara melalui sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia menyampaikan rasa syukurnya .

Menurutnya peringatan hari kemerdekaan ini menjadi milik segenap lapisan masyarakat. Tidak terkecuali terhadap para Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Oleh karena itu, pemerintah memberikan remisi bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan, serta telah memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Bupati Amran Mahmud.

Lanjut Amran Mahmud, pemberian remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan bukan semata-mata diberikan secara sukarela oleh pemerintah, namun merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah bersungguh-sungguh mengikuti program-program pembinaan yang diselenggarakan oleh unit pelaksana teknis pemasyarakatan dengan baik dan terukur.

“Saya berpesan kepada seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi pada hari ini untuk menjadikan momentum ini sebagai sebuah motivasi untuk selalu berperilaku baik, mematuhi aturan yang berlaku, mengikuti program pembinaan dengan giat dan bersungguh-sungguh,” imbaunya.

Dia juga berharap, program pembinaan yang dijalani saat ini merupakan sebuah sarana untuk mendekatkan kepada kehidupan masyarakat. Kedepannya diharapkan aturan hukum dan norma-norma yang berlaku di masyarakat, dapat terinternalisasi dalam diri Saudara dan menjadi bekal mental, spiritual dan sosial saat Saudara kembali ke masyarakat di kemudian hari.

“Saya ucapkan Selamat atas Remisi tahun ini bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas/Rutan/LPKA seluruh Indonesia. Saya berpesan, tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses, kegiatan program pembinaan di masa yang akan datang,” pesannya.

Selain kepada warga binaan, Kemenkumham juga mengingatkan secara serius kepada seluruh jajaran untuk tidak terlibat dalam praktik peredaran narkoba di dalam Lapas/Rutan agar tidak menodai prestasi yang sudah kita capai selama ini. “Tidak ada toleransi bagi praktek-praktek penyimpangan semacam ini,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, dia juga mengapresiasi setinggi-tingginya segala bentuk kerja keras jajaran pemasyarakatan baik tingkat Pusat maupun Daerah yang senantiasa selalu bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas walau dengan berbagai keterbatasan demi mewujudkan pelayanan yang optimal.

“Kepada seluruh jajaran Petugas Pemasyarakatan saya minta untuk selalu melakukan interaksi dan komunikasi yang baik kepada Warga Binaan, ayomi dan berikan bimbingan serta didikan kepada mereka, pedomani Pancasila sebagai landasan,” harapnya.

Mengakhiri sambutannya, Kemenkumham juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran pemerintah daerah dan seluruh instansi serta lembaga sosial terkait, yang telah turut serta berpartisipasi dan memberi dukungan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa mengiringi keinginan luhur kita untuk selalu mengabdi dan berbakti kepada nusa, bangsa dan negara dengan limpahan kasih dan karunia-Nya bagi kita semua,” tutupnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati, Amran, Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna bersama jajaran Forkopimda, Anggota DPRD, Sekda, Armayani, Kepala Rutan Kelas IIB Sengkang, Sahril Efendi bersama jajaran, Ketua TP PKK Kabupaten Wajo, Sitti Maryam bersama Wakil Ketua, Hj Munawarah dan Para Pimpinan Organisasi Wanita, serta sejumlah undangan lainnya.

Sebelum meninggalkan Lapas Rutan Kelas IIB Sengkang, Bupati Wajo bersama seluruh yang hadir mengunjungi pameran hasil kerajinan dari WBP Lapas Rutan Kelas IIB Sengkang.

Editor : Mulyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Keisha Ghaliyah Khansa dan Rasa Bangga Menjadi Skuad Paskibra

Thu Aug 17 , 2023
Celebesplusonline.com ( Pematang Sian╚Ťar ) – Hari ini Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta telah memasuki usia ke 78 tahun menikmati kemerdekaan setelah dijajah oleh Belanda selama 359 tahun lamanya dan jepang selama 3,5 tahun, Kamis (17/08/2023). Seremonial pengibaran bendera pun tidak lupa dilakukan setiap tahunnya. Setiap daerah baik itu tingkat […]