Wajo  

Kapolres Wajo Sampaikan Pesan Kamtibmas di Giat Jumat Curhat di Warkop Kawangnge

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) — Bentuk keperihatinan Kepolisian Resor Wajo terhadap masyarakat dalam mewujudkan kamtibmas yang lebih baik dan nyaman di tengah- tengah masyarakat,Polres Wajo melakukan suatu kegiatan Jumat Curhat dengan menghadirkan tokoh masyarakat guna mengetahui perkembangan di wilayah hukumnya.

Hal ini di lakukan Kepala Kepolisian Resor ( Polres ) Wajo,AKBP H.Fatchur Rochman,SH,MH bersama JPU Polres Wajo di Warkop Kawangnge kota Sutra Sengkang,Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo.Jumat 6 / 1 /2023.

Kapolres Wajo AKBP.H.Fatchur Rochman,SH,MH membenarkan adanya kegiatan Jumat Curhat dengan elemen masyarakat Kabupaten Wajo bertempat di Warkop Temangnge Sengkang,ujarnya.

“Pada kesempatan itu, kami menyampaikan beberapa pesan kamtibmas terkait dengan perkembangan situasi saat ini, baik itu dari kejahatan yang dilakukan oleh para pelaku-pelaku kejahatan hingga ancaman bencana alam yang saat ini meningkat dengan pesat untuk tetap waspada dari segala ancaman yang mungkin akan terjadi,”terangnya.

Diketahui pada Jumat Curhat, yang bertindak selaku moderator pada forum jumat curhat tersebut yakni Waka Polres Wajo Kompol H. Muhtar, SE, yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan pertanyaan-pertanyaannya hingga keluhannya,

Dari kegiatan tersebut ada beberapa curhatan masyarakat kepada pihak Polres Wajo, yakni perwakilan salah satu tokoh masyarakat inisial “AA”, memberikan pertanyaan terhadap kegiatan jumat curhat tersebut, yakni Terkait dengan kurir yang ada di sengkang, dengan adanya kurir di sengkang sangat mempermudah bagi kegiatan masyarakat bagi pengguna jasa yang tidak sempat berbelanja ke luar rumah, namun penggunaan kendaraan terbilang ugal-ugalan yang membahayan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Perwakilan salah satu warga dengan inisial HN memberikan terlebih dahulu apresiasi terhadap salah satu program Polri terkait dengan jumat curhat, adapun beberapa pertanyaan yakni ;
Terkait dengan adanya masyarakat yang menggunakan fasilitas umum untuk keperluan bisnis,

Masih banyak pengguna jalan umum yang masih menggunakan HP saat berkendara.,Terkait dengan adanya pohon-pohon yang sudah tua dan rapuh, yang dapat mengancam keselamatan baik pengendara maupun pejalan kaki pada saat ini.

Salah satu perwakilan dari komunitas mobil dengan inisial HU, memberikan keluhan dan informasi, yakni
adanya beberapa komunitas Mobil yang melakukan pesta miras pada saat Kopdar malam kamis dan malam minggu disekitar lapangan merdeka, yang banyak menelan korban kecelakaan pasca pesta miras.

– Tanggapan dari Kanit Gakkum Polres Wajo Iptu Awaluddin, S.H dari keluhan masyarakat tersebut, yakni ;
• Akan tetap dilakukan himbauan kepada kurir-kurir tersebut, namun untuk penindakan tilang saat ini polres wajo masih belum melakukan penilangan secara langsung akan tetapi dengan cara teguran langsung.
• Untuk kedepannya sat lantas Polres Wajo akan melakukan himbauan langsung dan mengundang langsung owner-owner dari pengguna jasa kurir hingga kurir tersebut itu sendiri untuk dilakukan mediasi dan penyampaian tata cara berkendara yang aman dan benar.

– Tanggapan dari Kasat Binmas Polres Wajo AKP Adinal Alam, SH, yakni ;
• Akan dilakukan himbauan kamtibmas kepada kurir-kurir disengkang terkait adanya keluhan masyarakat tersebut, yang berkendara dengan cara ugal-ugalan.
• Dari informasi tersebut, sat binmas polres wajo juga akan melakukan patroli dan himbauan kamtibmas pada jadwal kopdar komunitas tersebut sebagai tindakan humanis.

Kapolres wajo memberikan beberapa pendapatnya terkait dari seluruh pertanyaan hingga keluhan masyarakat, yakni
• Dengan sangat kurangnya personil polres wajo saat ini, kami harapkan kerjasama dengan masyarakat untuk membantu tugas-tugas kepolisian.
• Melakukan penyuluhan dengan bekerja sama dengan, dishub dan jasa Raharja untuk dikomunikasikan ketingkat daerah untuk diundang melalui forum bersama untuk bermusyawarah.
• Pengguna handphone pada saat berkendara adalah tindakan fatal karena sangat membahayakan pengguna jalan lainnya dan akan dilakukan tindakan oleh sat lantas polres Wajo karena tergolong kelalaian dalam berkendara.
• Pengguna fasilitas umum di kota sengkang masih terbilang jadul karena masih menggunakan kontruksi desain jaman dulu, sehingga berpengaruh pada peningkatan ekonomi Kab. Wajo, kami akan tindak lanjuti ke forum komunikasi tingkat daerah untuk penertiban PKL yang menggunakan fasilitas umum yang mengganggu tempat parkir yang sudah disiapkan.
• Terkait dengan konsumsi miras pada saat Kopdar oleh beberapa komunitas mobil, Polres Wajo akan melakukan edukasi dengan penyampaian dan teguran, dan Polres wajo juga sudah melakukan Kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan dengan kolaborasi dengan TNI dan Pemda wajo untuk melakukan patroli-patroli untuk mengurangi ancaman tindak pidana.
• Dengan meningkatnya intensitas cuaca saat ini banyak pepohonan yang tumbang di jalan-jalan, sat Shabara akan melakukan patroli untuk melakukan penyisiran pohon-pohon yang tumbang yang membahayakan para pengguna jalan.

Dari beberapa curhatan masyarakat yang disampaikan pada forum Jumat Curhat tersebut, Kapolres Wajo bersama PJU pendamping langsung merespon dan menjawab serta memberi solusi dan masukan dari curhatan masyarakat tersebut.

Diakhir kegiatan,Kapolres Wajo berpesan kepada forum tersebut bahwa tetap pertahankan kultur budaya Kabupaten Wajo yang tidak bertentangan dengan jalur Hukum.

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *