Masuki Akhir Tahun, Kemenpora Ajak Organisasi Kepelajaran Lakukan Refleksi Bersama

Celebesplusonline.com (Jakarta) – Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Forum Organisasi Kepemudaan di Golden Boutique Hotel, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2022) malam. Forum ini digelar untuk mengajak jajaran pegiat organisasi kepemudaan dan kepelajaran sebagai refleksi menjelang berakhirnya tahun 2022, serta bersiap dalam menyambut datangnya tahun 2023.

Dalam sambutannya mewakili Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Dr. H. M. Asrorun Ni’am Sholeh, M.A., Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten Deputi (Asdep) Organisasi Kepemudaan Edi Nurinda Susila mengatakan, pihaknya berharap kegiatan refleksi ini mampu memacu pegiat organisasi menghasilkan gagasan mendorong hadirnya perbaikan kinerja di tahun 2023.

Menurutnya, organisasi kepemudaan dan kepelajaran memiliki peran penting dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Sebab individu yang bernaung di dalam organisasi menjadi modal penting tercapainya Indonesia Emas tersebut.

Dia tidak memungkiri, di era sekarang, para pemuda menghadapi berbagai tantangan yang tidak mudah. Tantangan itu seperti revolusi industri 5.0, dampak pandemi Covid-19, serta berbagai krisis sosial lainnya. Namun, dengan modal yang terus disiapkan, jajaran pegiat organisasi diyakini bakal melalui tantangan tersebut.

Edi berharap, beberapa organisasi tersebut dapat memberikan masukan berharga kepada Kemenpora. Dengan demikian, Kemenpora dapat memberikan program yang optimal di tahun mendatang.

“Kita sadari, organisasi kepemudaan/kepelajaran perlu terus berjalan dengan baik. Tentunya ke depan dari hasil forum ini, diharapkan para pemimpin organisasi dapat memberikan catatan-catatan sehingga ke depan kami dapat melakukan perbaikan yang terbaik,” tambahnya.

Dia berpesan agar jajaran organisasi senantiasa mempersiapkan diri dengan baik. Sebab di masa mendatang, pada kurun 10 hingga 20 tahun ke depan, para pemuda akan mengambil alih tongkat kepemimpinan bangsa. Karenanya, para pemuda dituntut agar terus mengembangkan kapasitasnya di tingkat nasional hingga internasional.

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Utama Kemenpora Imam Gunawan mengajak para pemimpin organisasi kepelajaran dan kepemudaan untuk memberikan masukan konkret di dalam forum itu. Upaya itu sebagai bentuk evaluasi terhadap program yang selama ini digelar oleh Kemenpora. Diharapkan, berbagai aspirasi dan masukan yang diberikan mampu memacu adanya peningkatan kualitas program bagi organisasi kepelajaran dan kepemudaan pada tahun anggaran 2023.

“Betapa pentingnya posisi organisasi kepemudaan/kepelajaran sebagai mitra strategis dengan pemerintah melalui Kemenpora membangun hubungan strategis untuk keberhasilan policy selama ini. Untuk mengubah masyarakat, untuk mengubah situasi dan kondisi menjadi lebih oke,” terang Imam.

Adapun pada sesi yang berlangsung cair itu, jajaran perwakilan dari organisasi kepemudaan diminta untuk memaparkan aspirasi terkait kinerja organisasi masing-masing. Para pemimpin organisasi itu yakni Ketua Umum PP IPNU M. Agil Nuruz Zaman, Ketua Umum PP IPPNU Whasfi Velasufah, Ketua Umum PP IPM Nashir Efendi, Ketua Umum PP IPA Afri Yandi Putra, serta Ketua Umum PB PII Rafani Tuahuns.

Selain itu forum ini juga mengundang Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Abdullah Ubaid Matraji.

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tim Gabungan Polres Wajo,Satpol PP dan Polsek Gilireng Gelar Patroli Warung di Desa Lamata

Wed Dec 14 , 2022
Celebesplusonline.com (Wajo Sulsel) — Jelang tahun baru 2023, aparat Kepolisian Resor ( Polres ) Wajo Polda Sulawesi Selatan melakukan penertiban bersama personil Polsek Gilireng dan Sat Pol PP Kabupaten Wajo terhadap warung yang berada di jalan trans Sulawesi tepatnya di Desa Lamata Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo. Hal itu disampaikan Kepala […]