Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Bangsalae Jelang Lebaran,Ini Pesan Kadishub Wajo dan Kasatlantas Polres Wajo

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) —-Menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 H/2022 M Kadis Perhubungan Kabupaten Wajo bersama Kasatlantas Polres Wajo melakukan pemantauan persiapan arus mudik di pelabuhan penyeberangan Bangsalae Siwa,Kecamatan Pitumpanua ,Kabupaten Wajo,Sulawesi Selatan.27/4/2022.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo Andi Hasanuddin, S.Sos.MSi menyampaikan,layanan seluruh moda transportasi mudik jelang hari raya Idul Fitri 1443 H dalam kondisi aman dan terkendali. Hal ini berdasarkan pantauan di pelabuhan bangsalae Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo.

“Pemantauan arus mudik di pelabuhan Bangsalae Siwa ,Alhamdulillah layanan seluruh moda transportasi mudik jelang hari raya Idul Fitri dalam kondisi aman dan terkendali. Terpantau relatif lancar dan tidak ada kepadatan lalu lintas yang signifikan,”jelas Andi Hasanuddin.

Pada kesempatan tersebut Andi Aso sapaan Kadishub Wajo juga mengungkapkan,hal-hal jadi perhatian kami yang menyangkut keselamatan penumpang.Dan lonjakan penumpang dari arah Wajo Sulawesi Selatan ke Kolaka Sulawesi Tenggara relatif berkurang.

“Penumpang dari arah Kolaka ke Wajo berdasarkan informasi dari sini meningkat dan untuk penyeberangan Wajo ke Kolaka diperkirakan akan meningkat nantinya setelah lebaran,”ujarnya

Dan untuk armada-armada yang siap baik itu kapal very maupun kapal faiber semuanya Alhamdulillah sudah dalam pengecekan insyaAllah nantinya dalam keadaan aman,katanya

“Sementara dan pengetaatan bagi penumpang kapal tidak lagi seketat,akan tetapi kami selalu menghimbau untuk tetap mematuhi protocol kesehatan,”tegasnya.

Terkait jadwal rute kapal belum ada penambahan karena jumlah penumpang masih dalam batas kewajaran, namun jika nanti hal tersebut sudah dianggap penting maka kami akan melakukan koordinasi dengan semua pihak di sini.

“Tentu saja skala-skala prioritas mengutamakan kebutuhan pokok diprioritas untuk menyeberang namun jika masih belum muat maka penambahan truk adalah pilihan terakhir,”ulasnya.

Harapan kami sebagai pemerintah Kabupaten Wajo,berharap kenyamanan dan keselamatan penumpang senantiasa terjaga dan menjadi tanggungjawab kita bersama.

“Hal hal yang bisa diantisipasi yah diantsipasi jangan sampai ada hal hal yang tidak diharapkan terjadi yang mengakitbatkan kenyamanan penumpang terganggu kami berharap semuanya bisa berjalan lancar,”harap Andi Hasanuddin saat ditemui di pelabuhan Bangsalae.

Sementara Kasat Lantas Polres Wajo, AKP Haryanto mengatakan untuk menghadapi lonjakan mudik Lebaran Idul Fitri ditahun 2022 ini kami melakukan kegiatan secara terpusat dengan di laksanakannya opreasi ketupat.Dimana pelaksanaanya dimulai tanggal 28 April sampai 9 Mei 2022.

“Intinya penyiapan pos pelayanan dan pos pengamanan.Di wilayah polres Wajo ada 5 pos yang kami bangun yaitu,1 pos pelayanan berada dikota Sengkang dan 4 pos pengamanan berada di 4 titik yaitu di perbatasan kabupaten Soppeng- Wajo, Anabanua, Turungpakkae, dan Siwa ,kecamatan Pitumpanua,”jelas AKP Haryanto

Haryanto menghimbau masyarakat yang akan mudik tolong silahkan mudik dengan aman, mudik dengan sehat, itulah yang akan menjadi keinginan kita bersama adalah mudik aman dan sehat.

Dengan demikian saya berharap masyarakat yang akan mudik yang mengunakan jalur darat atau trasportasi darat dihimbau untuk tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan di jalan raya, mengingat situasi pada saat ini, fluktuasi volume kendaraan meningkat jadi perlu kehati harian dijalan, katanya.

Turut hadir dalam pemantauan arus mudik Kasat Lantas Polres Wajo, AKP Haryanto,Kanit Rajawali Polres Wajo Iptu Arpin,Kepala Dishub Wajo Andi Hasanuddin, Polairud Polda Sulsel Dampos Wajo di wakili Bprika Anugrah, Kepala Bidang Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo Anhar,S.Sos,M.Si, Karantina Kesehatan Pelabuhan KKP, BPTD Wil XIX Sulsel ,KP3 Pelabuhan Bangsalae AIPTU Annas, Puskesmas Pitumpanua dan Staf Trantib Kecamatan pitumpanua Aswar,S serta Ketua PWI Wajo H.Rukman Nawawi

Laporan : BB

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Elfrianto,Anggota DPRD Wajo Memberikan Bantuan Dana ke Santriwan Santriwati Berprestasi

Thu Apr 28 , 2022
  Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Rumah Tahfidzul Qur’an An Nur melaksanakan Wisuda Angkatan II kepada 44 satriwan santriwati yang telah menyelesaikan daurah karentina Hapal 5 Juz dalam 20 hari di bulan Ramadhan. Kegiatan bertemakan membentuk generasi gemilang berakhlak qur’ani dalam menyongsong bulan ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari […]