Mulai 2023 Tenaga Honorer Akan Dihapus, Ini Penjelasan Tjahjo Kumolo

Celebesplusonline.com ( Jakarta ) – Tenaga honorer akan dihapus pada tahun 2023 mendatang. Tidak ada lagi pegawai berstatus honorer di instansi pemerintahan.

Tjahjo Kumolo

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan melalui Peraturan Pemerintah (PP) penyelesaian kerja tenaga honorer akan diberi waktu hingga tahun 2023.

“Terkait tenaga honorer, melalui PP diberikan kesempatan untuk diselesaikan sampai dengan tahun 2023,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulis dikutip, Rabu (18/1/2022).

Tjahjo juga menambahkan bahwa status pegawai pemerintah mulai 2023 nanti hanya ada dua jenis.

Yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dimana keduanya disebut Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pada tahun 2022, pemerintah akan memfokuskan rekrutmen PPPK untuk kebutuhan ASN di sektor pendidikan dan kesehatan.

Beberapa pekerjaan di instansi pemerintahan, seperti petugas keamanan dan kebersihan, akan dipenuhi melalui tenaga alihdaya melalui pihak ketiga atau pekerja outsourcing.

Tjahjo Juga menuturkan pemerintah akan mengkaji secara menyeluruh terkait dampak dari transformasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan diterapkan di seluruh instansi pemerintah.

Pemerintah perlu mempersiapkan strategi alih tugas melalui upskilling dan reskilling agar ASN mampu melaksanakan pekerjaan yang masih dibutuhkan.

Karena lebih dari sepertiga ASN menempati jabatan pelaksana, dimana posisi tersebut akan berkurang 30-40 persen seiring dengan transformasi digital.

(Stv/Hnm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Duo Amran Hadiri 28 WisudaTahfizul Qur'an Dan Syahadah

Wed Jan 19 , 2022
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Sebanyak 28 Santri Darul Huffazh Al Muqarrabin Muhammadiyah Sabbangparu mengikuti Wisuda Tahfizul Qur’an & Syahadah di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Rabu, (19/1/2022). Bupati Wajo, H.Amran Mahmud dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat menjadikan kegiatan Wisuda Tahfizul Qur’an ini sebagai momentum untuk semakin memahami dan […]