Daerah  

Komisi II DPRD Wajo Belajar dari Pengalaman Pemkot Balikpapan Soal PI 10 Persen

Celebesplusonline.com ( Balikpapan Kaltim ) – Rombongan Komisi II DPRD Wajo melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat (26/1/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk belajar dari pengalaman Pemkot Balikpapan dalam mengelola Participating Interest (PI) 10 persen dari Blok Kaltim Gas yang dioperasikan oleh PT Pertamina Hulu Kaltim (PHKT).

Rombongan Komisi II DPRD Wajo dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II H. Sudirman Meru, didampingi oleh Wakil Ketua H. Andi Witman Hamzah, dan Sekretaris Komisi II H. Suryadi Bohari. Hadir pula anggota Komisi II lainnya yakni Andi Bakti Werang, Sulfia, Andi Sarwan, Mursalim, H.Risaldi Odda dan A.Muliyadi serta Kabag Ekonomi Setda Wajo A.Ramlan. Rombongan diterima oleh Asisten I Pemkot Balikpapan Drs. Zulkifli, M.Si, Kepala Bagian Ekonomi Sri Hartini Anugraha, dan Direktur Utama Perumda Manuntung Sukses Balikpapan Andi Sangkuru.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Rombongan Sudirman Meru menjelaskan maksud dan tujuan kunjungannya, yaitu untuk mempelajari proses perjuangan, masalah-masalah, trik sukses, cost recovery, dasar pembagian saham, dan capaian yang dirasakan oleh Pemkot Balikpapan dalam mengelola PI 10 persen. Politisi PAN itu mengatakan bahwa Pemkab Wajo juga berkeinginan untuk mendapatkan PI 10 persen dari keberadaan gas di Kabupaten Wajo berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 Tahun 2016.

Sementara Wakil Ketua Komisi II Andi Witman Hamzah menanyakan berbagai hal terkait dengan pengelolaan PI 10 persen oleh Pemkot Balikpapan. Mantan Sekda Wajo ingin mengetahui bagaimana Pemkot Balikpapan dapat mendapatkan PI 10 persen, bagaimana proses pengalihan PI 10 persen kepada BUMD yang dimotori oleh PT MMP Kaltim, bagaimana mekanisme cost recovery dan pembagian saham, dan bagaimana dampak positif yang dirasakan oleh Pemkot Balikpapan dari PI 10 persen.

Sedang Asisten I Pemkot Balikpapan Zulkifli menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan Komisi II DPRD Wajo. Ia berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat bagi Pemkab Wajo dalam mengembangkan potensi sumber daya alamnya. Dia juga memuji semangat dan kepedulian Komisi II DPRD Wajo terhadap kesejahteraan masyarakatnya.

Setelah mendengar berbagai penjelasan, Komisi II DPRD Wajo menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemkot Balikpapan atas segala informasi yang diberikan. Mereka mengatakan bahwa informasi tersebut bisa dijadikan referensi dalam upaya Pemkab Wajo memburu PI 10 persen atas keberadaan gas di Kabupaten Wajo. Mereka juga berharap dapat menjalin kerja sama yang baik dengan Pemkot Balikpapan dalam hal pengembangan sumber daya alam.(Humas DPRD Wajo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *