Ketua DPRD Wajo Hadiri Gau Maraja Lapatau 2023 di Soppeng

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Andi Alauddin Palaguna menghadiri acara Gau Maraja Lapatau Soppeng 2023 di Kabupaten Soppeng, Sabtu malam, 15 Juli 2023.

Foto :
Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Andi Alauddin Palaguna menghadiri acara Gau Maraja Lapatau Soppeng 2023 di Kabupaten Soppeng, Sabtu malam, 15 Juli 2023.

Acara yang bertajuk Kebudayaan Mengangkat Sejarah Kabupaten Soppeng, dilaksanakan Pemkab Soppeng di bawah komando Andi Kaswadi Razak dan Lutfi Halide, dihelat 15-18 Juli di Lapangan Gasis.
Andi Alauddin Palaguna datang bersama beberapa legislator Wajo lainnya, seperti Ketua Komisi I DPRD Wajo Ambo Mappasessu, berserta Andi Syamsu Alam dan Andi Sumange.

Andi Alauddin mengapresiasi kegiatan tersebut. Selain karena mengingatkan sejarah singkat tokoh besar Soppeng, Lapatau. Juga dihadiri 9 negera.
Yakni, Singapura, Amerika, Australia, Jepang, Belanda, Brunei Darussalam, Filipina, dan Indonesia.

“Ada 9 bendera negeri dikibarkan pada acara pembukaan. Saya kira ini acara kebudayaan yang spektakuler,” ujar pria disapa Alon ini.

Lapatau merupakan salah satu tokoh besar di daerah yang dikenal Kota Kelelawar atau Kita Kalong itu. La Patau Matanna Tikka Sultan Azimuddin Idris sebagai seorang Raja dan Sultan Bugis yang memiliki peran besar dalam kemerdekaan Indonesia.

“Ini langkah sangat bagus oleh Pemkab Soppeng, supaya masyarakat tetap mengingat bagaimana perjuangan tokoh Soppeng,” bebernya.

Kharisma dan kepiawaian Puanta Lapatau Matanna Tikka sangat luar biasa. Tidak beberapa lama diangkat sebagai Arumpone ke 16, kemudian di nobatkan menjadi Datu Soppeng ke 18 serta menjadi Renreng Tua Wajo.

“Mungkin dari sini muncul nama BOSOWA dan menyelesaikan jabatannya dengan baik sampai Mangkat. Semoga figur Puanta ada diikuti Wijanna,” pintanya.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX, dan Direktorat perfilman, Musik, serta Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbudristek RI.

Dalam kegiatan ini, Kadisdikbud Soppeng Andi Sumangerukka selaku ketua panitia bersama Dewan Pembina Andi Tantu Dari Galib. (ADV Humas DPRD Wajo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bawaslu dan 14 Komisioner Wajo Menghadiri Apel Siaga Damai Pemilu Tahun 2024 di Karebosi Makassar

Thu Dec 7 , 2023
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) — Bawaslu dan 14 Komisioner Panwascam se – Kabupaten Wajo menghadiri Apel Siaga Damai Pemilu serentak 2024 yang di laksanakan di lapangan Karebosi Makassar,Rabu,(06/12/2023). Terlihat dalam Apel Siaga Damai Pemilu serentak yaitu Ketua Bawaslu Kabupaten Wajo Andi Hasnadi,SH, Andi Samsir,SH,MH Kordiv SDMO, Heriyanto,S.Sos, SAP Kordiv […]