Wajo  

Diduga Cari Untung Besar Pengerjaan Rabat Beton Desa Buriko Tidak Sesuai Spesifikasi Proyek

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) — Berdasarkan hasil investigasi belum lama ini telah di temukan pengerjaan rabat beton di jalan Andi Safri Modding Duaun Ladongi Desa Buriko kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo yang pengerjaannya di duga tidak sesuai spesifikasi proyek.

Pengerjaan Rabat beton di Desa Buriko, Kecamatan Pitumpanua itu di duga tidak sesuai dengan spesifikasi proyek bahkan tidak melibatkan TPK nya.

Ironisnya,dimana dalam pengerjaan proyek tersebut juga tidak di lakukan penataan dan pembersihan area terlebih dahulu sebelum dilakukan rabat beton.

Dalam pengerjaan rabat beton itu bisa membahayakan pengendara, karena bergelombang, bahkan ada beberapa titik sama sekali tidak merata.

Terlihat pada papan informasi pengerjaan rabat beton di Dusun Ladongi tersebut terpajang Volume 200 x 4 meter dan nilai anggaran Rp.199.802.100,- Dana desa tahun anggaran 2023.

Dengan adanya temuan rabat beton itu awak media lansung mengkonfirmasi ke pada pihak TPK nya, namun dari hasil komonikasi via selulernya seorang TPK , Ilham Hamid belum lama ini mengungkapkan jika dirinya tidak dilibatkan dalam pengerjaan tersebut.

Siapakah sebenarnya yang melakukan pengerjaan rabat beton tersebut, apakah TPK atau ada oknum yang kerja ???

Hamsing Wakil Ketua LPPN – RI DPK Kabupaten Wajo mengoreksi keras penkerjaan rabat beton yang sementara berjalan dan di duga progres pekerjaan sudah masuk tahapan 70 % ungkapnya saat di temui belum lama ini.

” Jadi dalam hal ini, Lembaga Pematau Penyelenggra Negara Republik Indonesia ( LPPN – RI ) DPK Kabupaten Wajo selaku lembaga kontrol meminta seluruh aparat desa yang ada kaitannya dengan pekerjaan ini tolong diminta perhatiannya untuk memperbaiki pekerjaan tersebut ,” sambungnya.

Wakil Ketua BPD Buriko Hermasyah kepada media ini mengutarakan bahwa rabat beton yang di kerjakan TPK Desa Buriko di Jalan Andi Safri Modding Dusun Ladongi pengerjaannya langsung di rabat tanpa ada pembersihan dan pemerataan di lokasi jalan yang akan di rabat, tandasnya

” Saya sebagai anggota BPD Buriko, sesuai pantauan saya saat turun di lokasi ternyata jalan yang di rabat belum di bersihkan dan diratakan, namun langsung di rabat dan sebelum ada rabat mestinya di lakukan pengerasan,” terangngya.

Kepala Desa Buriko As Adar saat di hubungi media Celebesplusonline.com.mengatakan pengerjaan rabat beton di jalan Andi Safri Modding masih berjalan dan belum selesai dan menurutnya di kerjakan sesuai aturan.

Lanjut As Adar menambahkan, manakala pengerjaan rabat beton selesai dan tim inspektorat turun memeriksa dan ditemukan kerugian negara maka kami akan kembalikan, ujarnya.

” Pihak APH belum bisa melakukan investigasi jika belum selesai pemeriksaan dari tim insvektorat ,” sambungnya.

( Tim )