Daerah  

Bupati Soppeng Hadiri Acara Pesta Rakyat Danau Tempe Maccera Tappareng

Celebesplusonline.com ( Soppeng Sulsel ) – Bupati soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE menghadiri pesta nelayan rakyat (Maccera tappareng) di rangkaikan dengan lomba perahu dayung tradisional di Danau Tempe tepatnya Anitue Kelurahan Kaca Kec. Marioriawa, Minggu 20 Maret 2022.

Ketua Panitia Risal dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana atas hasil musyawarah dan kesepakatan masyarakat Anitue Kelurahan Kaca Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

“Pada acara tahunan ini diadakan dua acara yaitu acara maccera tappareng dan lomba perahu dayung tradisional,dan terima kasih kepada Bapak Bupati Soppeng atas bantuannya dalam kegiatan pesta rakyat”, ungkapnya.

Lanjut Risal,pesta rakyat Danau Tempe atau maccera tappareng untuk tahun 2022 ini di ikuti sebanyak 25 perahu yang mengikuti perlombaan terdiri dari tiga jenis kelas di perlombakan.

Jenis pertama meliputi 11 joki atau orang,jenis kedua terdiri dari 9 joki/ orang dan jenis lomba kelas tiga yaitu
7 joki,imbuh Risal.

Hadiah disiapkan panitia kata Risal yakni mesin katiting,piala,alat elektronik, ini di peruntukan bagi juara 1,2,3 dan 4, tutupnya.

Bupati Soppeng Drs.H.Andi Kaswadi Razak mengungkapkan pesta adat ini merupakan kegiatan turun temurun dari nenek moyang kita untuk mempererat silaturrahim sesama nelayan dan menjalin persaudaraan dengan masyarakat lainnya,tuturnya

“Acara ini merupakan suatu budaya yang patut dipertahankan yang merupakan rasa syukur atas limpahan rahmat- Nya,”ungkap Kaswadi

Lanjut kata Kaswadi, bahwa Kesuksesan para nelayan dalam satu tahun ini menangkap ikan disyukuri dengan melaksanakan kegiatan ini,meski beberapa tahun lalu sempat tertunda dengan adanya covid-19.

“Pemerintah Kabupaten Soppeng megapresiasi adanya kegiatan pesta rakyat ini dan di harapkan perlu di jaga terus Danau Tempe sehingga danau ini menjadi ajang destinasi wisata dan tetap di lestarikan dan kegiatan ini bisa berjalan turun temurun”,Ungkap Pung Dolly nama Akrabnya.

Dalam Kegiatan pesta rakyat kali ini kami sampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua kita Bapak H.Ladai atas partisifasi dan kerjasamanya sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik, begitu juga semua skatholder warga setempat, tutupnya.

Turut hadir para perwakilan anggota Forkopimda Soppeng, Ketua DPRD Soppeng, Kapolres Soppeng,Camat Marioriawa, Kapolsek Marioriawa, serta ratusan masyarakat.

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *