Wajo  

Sejumlah 14 Desa Se-Kecamatan Pitumpanua Adakan Pemilihan Serentak Anggota BPD

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Tidak terasa pilkades bagi desa pemekaran se – Kecamatan Pitumpanua akan di gelar tahun 2023 mendatang.

Dari 13 desa pemekaran yang ada di wilayah Kecamatan Pitumpanua,salah satu rangkaian dari pilkades sebelumnya di lakukan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ).

Hal inilah yang dilakukan warga Desa Bulu Siwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo mengadakan Pemilihan Langsung dalam rangka pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2022-2028 bertempat di kompleks kantor Koramil 1406 Pitumpanua, Senin,21 February 2022.

Camat Pitumpanua Drs.H.Andi Cakunu.MSi , kepada media ini mengatakan sekedar di ketahui di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo di laksanakan pemilihan serentak anggota BPD di 13 desa pemekaran dan 1 desa induk pada hari Senin dan Selasa 21 & 22 February 2022 yaitu Desa Bulusiwa, Buriko, Alelebbae, Lacinde, Jauh Pandang, Botto Tengnga, Kaluku, Mattirowalie, Lompo Bulo,Padang Loang, Kompong,Bau-Bau, Maccolli Loloe dan Marannu ( Desa Induk ), Ungkap mantan Camat Penrang ini.

Ketua panitia pemilihan BPD Bulu Siwa , Ansar, SPd mengatakan, sebagaimana keputusan musyawarah dan rapat desa bahwa pada pengisian BPD kali ini masyarakat sepakat dilakukan dengan cara pemilihan langsung yang dilaksanakan melalui perwakilan wilayah dengan 2 wilayah sesuai dengan wilayah dusun di Desa Bulu Siwa yakni sebanyak 3 calon di dusun Bulu Siwa dan 3 calon di dusun Libukang serta 4 calon melalui perwakilan perempuan, Terangnya.

“Kesepuluh calon dari perwakilan dusun dan keterwakilan perempuan Desa Bulu Siwa yaitu dari dusun Bulu Siwa yaitu nomor urut, 1 Jusman Tahir, SE, 2.Sugiarto HS dan 3 Tamrin dan hasilnya yang terpilih Sugiarto dan Jusman Tahir, SE,.Sedangkan calon dari dusun Libukang berdasarkan nomor urut sebagai berikut 1.Syamsuddin,2. Lasaenong dan 3.Hamid dan berhasil memberikan suara terbanyak Hamid dan Syamsuddin”.Ungkapnya.

Selanjutnya, untuk perwakilan perempuan di Desa Bulu Siwa dari 4 calon hanya 1 orang keterwakilan yang dimenangkan oleh nomor urut 1 yaitu Nurul Fatimah, SE dengan menggugurkan ke tiga rivalnya, Dra Nurani, Masdaliah dan Syamsidar.

Ansar mengurai bahwa jumlah anggota BPD terpilih dari dua dusun dan keterwakilan perempuan hanya 5 orang anggota BPD. Dengan rincian 4 Laki- laki dari dua dusun dan 1 orang perwakilan perempuan Desa Bulu Siwa.Ini berdasarkan wilayah,penduduk di karenakan jumlah penduduk Desa Bulu Siwa kurang dari 1000 jiwa.Tutupnya.

Sitti Rahmah,S.Sos,Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Pitumpanua mewakil Camat Pitumpanua mengungkapkan rasa syukur karena kegiatan pemilihan anggota BPD Desa Bulu Siwa berlangsung tertib dan aman sesuai dengan harapan.

‘ Khusus Desa Bulu Siwa yang terpilih menjadi anggota BPD pada periode 2022 – 2028 berjumlah 5 orang sesuai dengan jumlah penduduk di bawah dari 1000 jiwa,jadi anggota yang terpilih berasal setiap dusun dan perwakilan perempuan sesuai peraturan yang mengatur tentang BPD,.Imbuhnya.

Kepala Desa Bulu Siwa Amirullah, SP, berharap kepada calon anggota BPD terpilih bisa menjalankan dan melaksanakan tugas serta amanah dengan baik.Begitu juga agar bisa menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai peraturan perundangan yang berlaku.Ungkapnya.( Kak Sul)

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *