Anies Dipasangkan Siapapun Menang, Termasuk Tokoh Ini, Mengejutkan

Celebesplusonline.com ( Jakarta ) – Survey simulasi pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden menempatkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan unggul dari paslon popular lain seperti Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil (RK), dan Puan Maharani-Sandiaga Uno.

Survei yang dirilis Trust Indonesia Research and Consulting menempatkan pasangan Prabowo-Anies unggul dengan elektabilitas 23,4 persen sedangkan Ganjar-RK dengan 8,3 persen.

Survei dilakukan 3 hingga 12 Januari 2022 dengan metode wawancara langsung atau tatap muka.

Total responden sebanyak 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat di seluruh provinsi. Margin of error survei kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Prabowo-Anies tertinggi, 23,4 persen,” kata Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Senin (31/1/2022).

Survei menyodorkan 11 simulasi paslon capres-cawapres. Di antaranya memasangkan Anies dengan Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo bersama Ridwan Kamil (RK), Ganjar dengan Agus Harimurti Yudhyono (AHY), hingga Puan Maharani berpasangan dengan Anies.

Dalam simulasi itu, elektabilitas atau tingkat keterpilihan Anies-Sandi 17,6 persen disusul Anies-AHY dengan 10,5 persen, dan Ganjar-RK dengan 8,3 persen. Sementara duet Prabowo-Puan di posisi berikutnya dengan elektabilitas 5,2 persen.

Jika Anies berpasangan dengan Ganjar, elektabilitas keduanya juga tidak tinggi, hanya 4,8 persen. Beda sedikit dari Ganjar bila berpasangan dengan AHY yang memperoleh 4,6 persen. Di urutan berikutnya duet Erick Thohir-Ganjar yang memperoleh angka 4,3 persen, lalu Puan Maharani-Anies dengan 2,1 persen.

“Terakhir duet Airlangga Hartarto-Ganjar hanya memperoleh 1,4 persen dan Puan-Sandi memperoleh 1,0 persen,” imbuh Ardinal.

Dalam simulasi tiga pasangan calon, elektabilitas Anies tertinggi jika berpasangan dengan Ganjar.

Simulasi pasangan ini mengalahkan elektabilitas Prabowo dan Puan. Anies-Ganjar memiliki 41 persen, sementara Prabowo-Puan 33,1 persen.

Saat Anies disandingkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), elektabilitasnya mencapai 39,8 persen. Angka tersebut tetap lebih unggul ketimbang Prabowo-Puan yang hanya dipilih oleh 31,8 peren responden.

“Elektabilitas tertinggi diraih oleh pasangan Anies Baswedan jika berpasangan dengan AHY, Ganjar Pranowo, maupun Sandiaga Uno,” demikian kata Azhari Ardinal.

(Montt/Akurat).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Enam Kecamatan di Wajo Dibangunkan Sports Area, Lainnya Akan Disesuaikan Kemampuan Anggaran

Wed Feb 2 , 2022
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Tiga tahun kepemimpinan Bupati Wajo dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud-Amran, deretan program kerja nyata telah membuahkan hasil dan dinikmati masyarakat. Satu di antaranya kehadiran sports area atau area olahraga di sebagian Kecamatan. Sports area di tiap Kecamatan masuk dalam Wajo Maju yang termuat […]