Daerah  

Hadiri Panen Raya, Syahrul YL : Pertanian di Kabupaten Jeneponto Lebih Maju Dari Yang Ada Sekarang

Celebesplusonline.com (Jeneponto Sulsel) – Menteri Pertanian RI, Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,MH berkunjung ke Desa Kayu Loe Barat, Kec. Turatea, Kabupaten Jeneponto dalam rangka menghadiri panen raya, Jum’at (16/04/2021) kemarin.

Kedatangan Menteri Pertanian bersama rombongan disambut langsung oleh Bupati Jeneponto, Drs.H.Iksan Iskandar,M.Si bersama Wakil Bupati Jeneponto, H.Paris Yasir, Forkopimda, Ketua DPRD, Seketaris Daerah, Kajari, dan Para Kepala SKPD lingkup Pemkab Jeneponto.

 

Kunjungan Kerja Menteri Pertanian ini didampingi oleh beberapa pejabat lingkup Kementerian Pertanian diantaranya Dirjen Tanaman Pangan, Dr.Ir.Suwandi, Dirjen Perkebunan, Dr.Ir.Kasdi Subgyono,M.Sc.

Bupati Iksan Iskandar dalam sambutannya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas kunjungan Menteri Pertanian bersama rombongan dan ucapan terima kasih atas berbagai jenis bantuan dari Kementerian Pertanian yang dialokasikan untuk Kabupaten Jeneponto untuk mendukung pembangunan sektor Pertanian.

Bupati juga mengharapkan dimasa panen stabilitas harga dapat terjaga dan masyarakat dapat menikmati hasil dengan harga memuaskan.

“Di Jeneponto ini kita punya 37.000 hektar lahan yang sementara panen, namun yang perlu kita jaga adalah stabilitas harga, khusus jagung berdasarkan keputusan menteri bersama harga diatas 3.000 rupiah yang mudah-mudahan bisa dinikmati oleh masyarakat kita,” ujarnya.

Menteri Pertanian dalam sambutan menyampaikan, kedatangannya di Kabupaten Jeneponto selain kunjungan kerja juga sebagai agenda silaturahim. Mantan Gubernur Sulawesi Selatan 2 (dua) periode itu merasa berbahagia karena kedatangannya disambut antusias warga, meskipun dalam keadaan mendadak.

“Terima kasih kepada seluruh yang hadir, sebenarnya saya sengaja datang mendadak supaya tidak terlalu ramai, tapi dijeneponto ini meskipun mendadak tetap saja disambut ramai,” sambutnya hangat.

Dalam kesempatan itu,Syahrul Yasin Limpo menyampaikan harapan agar Pertanian di Kabupaten Jeneponto lebih maju dari yang ada sekarang ini, “Pertanian sudah harus difokuskan pada hilirisasi mengarah pada agroindustri sehingga bisa semakin menguntungkan,” ucapnya.

Dia berpesan, warga tidak hanya menanam padi, tetapi juga jenis tanaman lain seperti kacang hijau yang terbilang menguntungkan secara harga dan hanya membutuhkan sedikit air.

Menurutnya, kondisi perekonomian negara mengalami minus akibat pandemi Covid-19, sektor Pertanian menjadi salah satu sektor yang tumbuh positif, “Kebutuhan pangan 273 juta penduduk Indonesia menjadi tanggung jawab kami, sektor Pertanian harus terus bergeliat, berkembang, Petani adalh pahlawan pangan bangsa,” tandasnya.

Kunjungan Menteri Pertanian di Kabupaten Jeneponto juga dihadiri oleh para petugas POPT Kabupaten Jeneponto, Penyuluh Pertanian Kabupaten Jeneponto, dan pengurus Kelompok Tani di Kabupaten Jeneponto.

Lap: A.Syam
Editor : Sultan