Wajo  

Pj Bupati Wajo Membuka Acara Gerakan Bumil Sehat di Tanasitolo

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) — Pemerintah Kabupaten Wajo kembali menegaskan komitmennya dalam menurunkan angka stunting dan meningkatkan kesehatan ibu hamil melalui acara “Gerakan Bumil Sehat” yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Tanasitolo, Rabu, (4/9/2024).

Acara yang dibuka langsung oleh Pj Bupati Wajo, Andi Bataralifu, ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Kesehatan Wajo serta masyarakat setempat yang mana kegiatan ini juga di hadiri oleh camat tanasitolo Andi Ramlan dan Ketua TP.PKK Kecamatan Tanasitolo.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Andi Bataralifu menyoroti pentingnya peran ibu hamil dalam mencegah stunting sejak dini. “Stunting adalah kondisi yang dapat dicegah, dan salah satu upaya kita adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu hamil,” ujarnya.

Andi Bataralifu juga menekankan pentingnya pemeriksaan kehamilan yang rutin dan berkualitas, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 21 Tahun 2021.

Acara ini bukan hanya menjadi ajang sosialisasi, tetapi juga implementasi nyata dari program peningkatan pelayanan kesehatan ibu hamil.Peserta diberikan edukasi mengenai pentingnya pemeriksaan kehamilan minimal enam kali, dengan dua di antaranya dilakukan melalui USG oleh dokter. Selain itu, ibu hamil juga diimbau untuk mengikuti kelas ibu hamil, mengonsumsi Tablet Tambah Darah, serta menjaga pola makan yang sesuai rekomendasi.

Gerakan Bumil Sehat ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan peran aktif keluarga serta komunitas dalam mendukung kesehatan ibu hamil. Dengan langkah-langkah preventif ini, diharapkan dapat mencegah stunting sejak sebelum bayi dilahirkan, sehingga anak-anak Wajo bisa tumbuh sehat dan optimal. Sebelum meninggalkan lokasi kegiatan Pj.Bupati Wajo menuju puskesmas tanasitolo untuk silaturahmi.
Sumber : Humas Wajo

Editor : Sultan