Wajo  

RSUD Siwa Kabupaten Wajo Menghadirkan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Psikiater

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) — Rumah Sakit Umum Daerah Siwa Kabupaten Wajo senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan menambah sumber daya manusia.

Direktur RSUD Siwa dr H Gusaidi,M.Kes

Dalam hal ini dokter spesialis agar dapat memberikan  layanan dan pilihan berobat bagi konsumen.

Salah satu dokter spesialis yang dimiliki RSUD Siwa yaitu Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (Psikiater).

Psikiater adalah seorang dokter spesialis yang mendalami ilmu kesehatan jiwa dan perilaku (psikiatri).

Psikiatri sendiri adalah cabang keilmuan medis yang fokus pada diagnosis, pengobatan, dan pencegahan terhadap gangguan pada pikiran, perasaan, maupun perilaku.

Sebagai seorang Psikiater tidak hanya mengobati  pasian  jiwa berat alias gila atau bahasa kedokterannya Skizofrenia/psikotik tapi juga pasien – pasien yang mengalami depresi, kecemasan, masalah pribadi dan sosial serta pasien-pasien medis yang mengalami gangguan psikologis akibat sakit kronik yang dideritanya, termasuk gangguan kejiwaan yang diakibatkan dengan adanya kasus pada dirinya.

Selain itu Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa mampu mengevaluasi data psikologis dan medis melalui pemeriksan medis kejiwaan untuk menentukan diagnosis, dan bekerja sama dengan pasien untuk membuat rencana perawatan. Berbagai keluhan atau gejala berikut dapat dijadikan alasan kenapa harus pergi ke psikiater untuk mendapatkan solusinya.

Sering merasa cemas dan panik.
Kesulitan untuk tidur atau kualitas tidur kurang baik.

Tidak dapat berdiam diri.
Perubahan nafsu makan, baik kurang maupun berlebih.
Sedih atau hampa berkepanjangan tanpa alasan.

Perubahan suasana hati yang cepat dan tidak diketahui dengan jelas apa penyebabnya.

Sulit menjalani aktivitas sehari-hari karena tidak memiliki motivasi.
Merasa tak berdaya.
Muncul keinginan atau percobaan bunuh diri.

Adanya halusinasi, misalnya mendengar suara-suara yang sebenarnya tidak ada.
Sedang atau pernah menyalahgunakan obat-obatan atau mengonsumsi narkoba.
Memiliki pola pikir yang aneh dan tidak logis.

Direktur RSUD Siwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo dr.H. Gusaidi,M.Kes saat di hubungi media ini ,jumat (8/3/24)mengatakan kehadiran Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa sangat dibutuhkan suatu daerah dimana selain mengobati pasian dengan ganguan kejiwaan dapat juga menerbitakan SURAT KETERANGAN KESEHATAN JIWA / KESEHATAN ROHANI  yang biasa digunakan sebagai persyaratan suatu dokumen kelengkapan berkas baik untuk mencari kerja atau kebutuhan instansi pemerintah maupun swasta,ujarnya.

“Untuk itu bagi yang ingin mendapatkan pelayanan  dokter Spesialis Kedokteran Jiwa silahkan berkunjung ke RSUD Siwa Setiap hari Jumat pukul 08.00 – 15.00 Wita,”sambungnya

Diketahui tipe Rumah Sakit Siwa masih tipe D menuju tipe C, namun tempat ini selalu berusaha memberikan layanan yang baik kepada masyarakat Siwa dan sekitarnya.

Dan RSUD Siwa saat ini baru SK Bupati kelas C, sementara pengajuan ke Kemenkes untuk penetapan dari Kemenkes.

Redaksi : CP