Wajo  

Kapolsek Keera: Pilkades Desa Keera Dan Desa Awota Damai, Dua Petahana Terpilih Kembali

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel )—Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2023, berlangsung di 26 desa yang tersebar di 9 kecamatan di Kabupaten Wajo, Senin 23/10/2023.

Desa yang menggelar pilkades serentak yakni di Kecamatan Keera ada dua yaitu Keera dan Awota,untuk Kecamatan Pitumpanua Desa Maccolliloloe, Mattirowalie, Lompobulo, Bottotengnga, Kaluku, Kompongnge, Padangloang, Alelebbae, Buriko, Lacinde, Jauhpandang, Bau Bau, Bulusiwa

Selanjutnya Desa Ugi dan Salotengnga Kecamatan Sabbangparu, Tonrongtengnga dan Lampulung Kecamatan Pammana.

Di Kecamatan Belawa Takkalalla dan Bola masing masing satu desa yaitu Leppangeng ,Parigi, dan Raja Mawellang

Desa Wewangrewu dan Waetuwo berada di Kecamatan Tanasitolo dan Kecamatan Penrang ada dua yakni Desa Temmabarang dan Benteng

Terkhusus Pilkades di Kecamatan Keera, Desa Keera di ikuti dua kandidat. Nomor urut 1 Syamsurida, S.Sos berhasil meraih suara tertinggi mengungguli kandidat Nomor urut 2 Muhammad Annas.

Petahana Syamsurida unggul dalam perhitungan suara secara agregat dari 3 TPS.Hasil pemungutan dan perhitungan suara pada pemilihan kepala desa di desa Keera berdasarkan pemantauan Polsek Keera, Polres Wajo dan PPKD desa Keera.

Di TPS 1 Desa Keera perolehan suara masing masing cakades antara lain.Nomor urut 1 Syamsurida.S.sos peroleh 238 suara. Sementara nomor urut 2 Muhammad Annas peroleh 164 suara. Adapun suara sah 402 suara, suara batal 2 suara dan tidak hadir 65 suara.

Sementara di TPS 2 perolehan suara masing masing Cakades antara lain.Nomor urut 1 Syamsurida.S.Sos sebanyak 169 suara.Nomor urut 2 : Muhammad Annas peroleh 100 suara.Suara sah 269 suara. Suara batal 0 dan 56 suara tidak hadir.

Dan hasil TPS 3 masing-masing Cakades memperoleh suara.Nomor Urut 1 Syamsurida S.Sos sebanyak 150 suara.Dan nomor urut 2 Muhammad Annas peroleh 107 suara. Suara sah 257 suara, batal 0 suara dan tidak hadir sebanyak 23 suara.

Jadi jumlah perolehan suara Pilkades Desa Keera ,Nomor urut 1 Syamsurida 557 suara, sementara nomor urut 2 Muhammad Annas 371 suara.Suara sah 928 suara,suara batal 2 suara dan tidak hadir 144 suara.Adapun DPT desa Keera sebanyak 1074 suara.

Selanjutnya hasil pemungutan dan perhitungan suara pada pemilihan kepala desa di desa Awota,Kecamatan Keera yang diikuti dua cakades yakni nomor urut 1 Andi Amirullah S.Sos dan nomor urut 2 M.N Harjum.

Dimana di TPS 1 desa Awota nomor urut 1 Andi Amirullah, S.Sos memperoleh 239 suara sementara nomor urut 2 M.N Harjum 294 suara.Suara sah 533, suara batal 6, tidak hadir 182 , dari DPT 721 suara.

Sementara TPS 2 desa Awota cakades nomor urut 1 Andi Amirullah S.Sos merupakan 229 suara.Nomor Urut 2 M.N.Harjum 247 suara.Suara sah 476,
suara batal 3,tidak hadir 94 dengan 573 DPT.

Perolehan suara di TPS 3 desa Awota cakades nomor urut 1 Andi Amirullah S.Sos hanya peroleh 152 suara dan nomor urut 2 M.N.Harjum 468 dari 620 suara sah,suara batal 5 yang tidak hadir 143 dengan 768 DPT.

Dengan demikian suara Andi Amirullah dengan total 620 sementara petahana M.N. Harjum dengan raihan 1.009 suara.

Data dari PPKD Awota ini sama dengan data yang diperoleh dari Polsek Keera.Jadi tinggal menunggu hasil resmi dari Dinas PMD Kabupaten Wajo.

Kapolsek Keera AKP Muhammad Hatta SH mengatakan situasi pelaksanaan Pilkades di kecamatan Keera, di Desa Keera dan Awota lancar dan aman hingga mulai dari pemungutan hingga perhitungan suara selesai.

“Cakades yang terpilih di desa Keera yakni Syamsurida sementara di Desa Awota M.N.Harjum.Keduanya masing masing petahanan,”ungkapnya

Kami harapkan masyarakat menjaga situasi dan kondisi kamtibmas tetap aman dan pilkades damai ,”tutupnya.

Laporan : Acing
Editor : Sultan