Wajo  

Dibuka Secara Resmi, Naoemi Octarina Sulsel Sebut Expo Dekranasda Tahun Ini Pertama Kalinya Digelar

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) — Pagelaran Expo Dekranasda Sulawesi Selatan (Sulsel) Kreatif Andalan Tahun 2023 yang dipusatkan di Kabupaten Wajo resmi dibuka.

Event akbar ini dibuka langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Callaccu Sengkang, Rabu (9/8/2023) sore.

Pembukaan diawali dengan penampilan gerak dan lagu oleh 200 Anak PAUD binaan Bunda Paud Kabupaten Wajo. Kemudian, fashion show modifikasi sutera oleh 24 anak.

Andi Sudirman Sulaiman melalui sambutan singkatnya menjanjikan akan memberikan 5 sepeda kepada 5 defile terbaik serta 1 motor listrik kepada yang terbaik.

“Kita berharap melalui expo ini dengan biaya yang minim bisa menghasilkan omset penjualan yang lebih besar,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel, Naomi Octarina menyampaikan bahwa Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan merupakan pertama kalinya digelar tahun 2023 dengan Kabupaten Wajo sebagai tuan rumah.

“Sesuai dengan tema, kita ingin mengembalikan kejayaan sutera di Sulsel juga melestarikan warisan leluhur. Semoga expo ini bisa menjadi agenda rutin tahunan,” harapnya.

Bupati Wajo, Amran Mahmud menyampaikan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah menyiapkan kegiatan ini dengan baik. “Kami mengajak kepada semua untuk meramaikan kegiatan Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan 2023 ini,”ajaknya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Anggota DPR RI, Andi Yuliani Paris, Jajaran Forkopimda Sulsel, Bupati/Walikota se-Sulsel, Wakil Bupati Wajo, Amran, Jajaran Forkopimda Kabupaten Wajo, Kepala OPD Pemprov Sulsel, Kepala OPD Kabupaten Wajo, Ketua Organisasi Wanita Prov Sulsel, Pengurus Dekranasda Prov Sulsel, Ketua Dekranasda Kabupaten Wajo, Sitti Maryam bersama pengurus, Ketua dan Pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota se-Sulsel, para tamu kehormatan serta undangan lainnya.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pemukulan gendang oleh Gubernur Sulsel yang juga kesempatan tersebut melaunching Sarung dan Kain Motif Andalan serta Sajadah Andalan.

Kegiatan ini ditutup dengan penampilan defile dan yel-yel Dekranasda Provinsi dan Pimpinan Organisasi Wanita Sulsel dan Kabupaten/Kota se-Sulsel serta Kunjungan Gubernur dan Ketua Dekranasda Prov Sulsel ke booth pameran Dekranasda.

Sebagai informasi, meskipun pembukaannya baru dilaksanakan hari ini, namun beberapa rangkaian acara telah dilaksanakan sejak Selasa (8/8/2023) kemarin yaitu Lomba Nanre Sokkoreng.

Lalu, tadi subuh hingga siang hari telah dilaksanakan Gerakan Sulsel Mengaji, Gerakan Sulsel Anti Mager serta FGD dan Talkshow. Juga Peresmian Masjid Ramah Anak dan Pojok Literasi, FGD dan Workshop, Peresmian Rumah Dilan dan Pokja Bunda PAUD.

Rangkaian lainnya dari Expo Dekranasda Sulsel ini diantaranya Pameran Produk Unggulan dan Potensi Kabupaten/Kota se-Sulsel, Pameran Produk Unggulan Pelaku IKM se-Kabupaten Wajo dan Lomba Yel-Yel dan Defile Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulsel dan Festival Kuliner.

Juga, Lomba Kreatifitas Anak TK, Lomba Desain Motif Sutera oleh Siswa SMK, Lomba Pencelupan dan Teknik Membatik Sutera oleh Siswa SLB serta Pentas Seni TK, SD dan SMP se-Kabupaten Wajo.

Sumber : Hms / Mul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *