Wajo  

Kapolres Wajo Bersama TNI dan Tokoh Masyarakat Gelar Jumat Curhat di Desa Walanga

Celebesplusonline.com.( Wajo Sulsel ) – Kapolres Wajo AKBP Fathur Rochman, S.H., M.H., didampingi Kapolsek Penrang AKP Syarifuddin, S.H., dan jajaran Pejabat Kepolisian Resort Wajo melaksanakan kegiatan Jumat Curhat yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara aparat kepolisian, TNI, dan masyarakat. Acara ini berlangsung di rumah Kepala Desa Walanga, A. Syamsiar, dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat.

Dalam kegiatan Jumat Curhat tersebut, hadir pula Dandim 1406 Wajo Letkol Infantri Wahyu Yunus, S.E., Danramil Sajoanging Kapt. CBA Salamuddin, Kabag SDM Kompol H.A. Syamsulifu, S.Sos., M.H., Kabag Log Polres Wajo Kompol Jasman Parudik, S.H., Kasat Intelkam AKP Amdia, S.H., KBO Narkoba Ipda Edi Syamsuri, Kanit Turjawali Ipda Sugiono, Babinkamtibmas Polsek Penrang, Babinsa Koramil 1406 Penrang, Staf Ahli Pemda Wajo Ir. Ambo Mai, M.Si., Camat Penrang Eka Syafran, S.IP., M.Si., Sekcam Abbas, S.Sos., para Kepala Desa dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Kecamatan Penrang, serta tokoh masyarakat, agama, dan pemuda Desa Walanga.

Kapolres Wajo dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa pesan Kamtibmas terkait dengan perkembangan saat ini, terutama mengenai kejahatan, pelanggaran, dan penyalahgunaan narkoba. Ia mengingatkan agar seluruh masyarakat tetap waspada terhadap berbagai ancaman yang mungkin terjadi. Kapolres juga mengajak semua pihak untuk menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing dengan tetap mengedepankan prinsip Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi. Selain itu, ia juga mengingatkan akan mendekati tahun politik menjelang Pemilu Tahun 2024, di mana situasi keamanan dan ketertiban perlu tetap dijaga.

Selanjutnya, Letkol Infanteri Wahyu Yunus, S.IP., yang baru menjabat sebagai Dandim 1406 Wajo, memberikan sambutan dan himbauan kepada semua peserta. Ia berharap adanya sinergi antara TNI dan POLRI dalam menjaga Kamtibmas dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan aspirasi. Salah seorang Kadus Desa Makmur menyampaikan bahwa di desa tersebut tidak ada anggota Bhabinkamtibmas, dan berharap agar terdapat kehadiran personel kepolisian di desa tersebut. Sementara itu, Kades Temmabarang, A. Page, S.Sos., memberikan apresiasi kepada Kapolres Wajo atas kinerja Polsek Penrang dalam menangani dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Penrang.

Menyikapi masukan dari masyarakat, Kades Benteng Sudirman, S.Sos., mengusulkan agar pihak Dandim 1406 Wajo dapat menambah jumlah anggota Babinsa di desa tersebut guna meningkatkan keamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam menjawab pertanyaan dan masukan tersebut, Kapolres Wajo menegaskan bahwa sekitar 415 personel, termasuk personel Polsek jajaran Polres Wajo, akan diupayakan untuk mengisi kekosongan personel di Desa Makmur. Selain itu, Kapolres juga memerintahkan Kabag SDM Polres Wajo untuk segera menindaklanjuti usulan penambahan anggota Babinsa di desa tersebut.

Kegiatan Jumat Curhat ini merupakan langkah yang positif dalam memperkuat keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya. Sinergi antara aparat kepolisian, TNI, dan tokoh masyarakat diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga.

Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan saling komunikasi dan kerja sama antara pihak kepolisian, TNI, dan masyarakat semakin baik, sehingga dapat memberikan dampak positif dalam menjaga Kamtibmas serta meningkatkan pelayanan dan keamanan bagi seluruh masyarakat Wajo.

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *