Sebanyak 27 Orang Dilantik, Abd.Malik, PKD Diminta Jaga Integritas

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) —Sebanyak 27 orang Panwaslu Desa/ Kelurahan terpilih yang baru saja dilantik diminta untuk menjaga Integritas. Pada hari Senin (6/2/2023) telah dilakukan pelantikan PKD Kecamatan Pitumpanua bertempat di Aula Serbaguna Jalan Andi Kollo Kelurahan Bulete, Kecamatan Pitumpanua,Kabupaten Wajo.

Dalam sambutan dan arahannya Ketua Bawaslu Kabupaten Wajo,Abd.Malik mengatakan, jajaran Bawaslu harus menjunjung tinggi profesionalitas, Integritas dan Netralitas, dalam bertugas.

“Panwas Harus Netral. Dilarang berpihak kepada peserta pemilu. Itu prinsip dasar pengawas”, Kata Malik.

Tugas utama kita yaitu menjaga Pancasila,UUD 1945 dan keutuhan NKRI.

Selain tugas-tugas pengawasan, Panwas juga harus mengedepankan upaya-upaya pencegahan. Pencegahan adalah prioritas utama agar tidak terjadi pelanggaran terhadap aturan pemilu.

Lanjut kata Malik,meskipun upaya pencegahan itu tidak terlihat oleh mata, namun akibatnya luar biasa.

Pesan Malik agar senantiasa berkordinasi Kepala Desa dan Lurah,Camat, Kapolsek,PPK,Koramil.

” Jangan ada lagi kejar sembunyi,bukan lagi seperti yang di harapkan akan tetapi berkolaborasi dengan mereka,” tutupnya.

Ketua Panwaslu Kecamatan Pitumpanua, Rustan, berpesan kepada kepala desa yang turut hadir untuk mengawasi kinerja PDK. Bawaslu akan mengambil tindakan tegas jika panwas desa tidak netral.

Selain itu, Rustan juga mengingatkan PDK terpilih untuk menjaga sikap dan marwah lembaga. Pemilihan Presiden dan Legislatif merupakan pemilihan yang sangat rawan kedua setelah pemilihan kepala desa, oleh karenanya PDK berpedoman dengan aturan yang ada.

“Jangan runtuhkan lembaga dengan tindakan dan ucapan yang dapat menghancurkan Bawaslu. Misalnya dengan pakai kaos parpol”, tukas Rustan.

Sebelumnya sebanyak 63 orang mengikuti rekrutmen Panwaslu Desa/ Kelurahan di Kecamatan Pitumpanua.

Namun,hanya 56 orang mengikuti tes wawancara karena 7 orang tidak ikut tes.Kemudian 27 orang di anggap lolos seleksi administrasi dan tes terakhir dari panitia dan hari ini,Senin,6 Februari 2023 dilantik.

Selanjutnya yang terpilih 27 orang terdiri dari 22 laki-laki dan 5 perempuan yang siap bertugas menjadi Panwaslu Desa/ Kelurahan pada Pemilihan Presiden dan Legislatif 2024 mendatang, tutup Rustan.

“Kami berbangga dan berterima kasih atas kedatangan Ketua Bawaslu Kabupaten,Abd Malik atas pelantikan PKD Pitumpanua, dan seusai acara pelantikan akan dilanjutkan pemberian pembekalan kepada anggota PKD sebanyak 27 orang.

Camat Pitumpanua,Drs H.Andi Cakunu,MSi menyampaikan bahwa Kecamatan Pitumpanua adalah kecamatan terbesar dari kecamatan yang ada di Kabupaten Wajo,terangnya.

Sebanyak 27 PKD di Kecamatan Pitumpanua,”atas nama Pemerintah Kecamatan mengucapkan, selamat atas pelantikan bapak ibu sebagai anggota PKD, kitalah yang terbaik dan terpilih menjadi PKD, “ujar Cakunu.

Mantan Camat Penrang menambahkan,tentu ini adalah sauatu amanah dan bagaimana nantinya kita mensukseskan pemilu di Kecamatan Pitumpanua dengan jumlah penduduk empat ribuan lebih penduduk.

“Jangan keluar dari regulasi yang ada terkait pemilu.Forkopincam akan bersama sama mengawal pemilu yang akan datang” ungkapnya.

Hadir dalam acara pelantikan,selain Ketua Bawaslu Kabupaten, Ketua Panwascan Tanasitolo, Panwascam Pitumpanua dan anggota, Kepala Sekretariat Panwascam Pitumpanua, Camat Pitumpanua,Kepala KUA Pitumpanua, Kapolsek Urban Pitumpanua, Koramil atau mewakili, Lurah Bulete, Kades dan undangan lain.

 

Penulis : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Turut Berbelasungkawa, Kapolsek Belawa Bersama Anggota Melayat ke Rumah Duka

Mon Feb 6 , 2023
Celebesplusonline.com (Wajo Sulsel) — Turut berduka cita dan berbelasungkawa, Kapolsek Belawa Polres Wajo,AKP Ramli,SH bersama dengan personel Polsek Belawa melayat kerumah salah satu warga yang meninggal bertempat di rumah duka di Dusun Siduntung Desa Ongko Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Senin, 6/2/2023. Beliau meninggal dunia dikarenakan sakit, yang mana juga merupakan […]