MTs As’adiyah Puteri I Sengkang Mewakili Sulawesi Selatan ke Grand Final Kompetisi MYRES 2022 Tingkat Nasional

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) — MTs As’adiyah Puteri I Sengkang Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan lolos ke grand final setelah melalui beberapa tahap seleksi dan menyisihkan 9.214 judul proposal dalam kompetisi Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) 2022 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Di bawah pimpinan Hj. Sitti Radhiyah Ilyas, S.Ag, MM selaku Kepala MTs As’adiyah Putri I Sengkang mengatakan, “Lomba MYRES adalah lomba yang sangat kompetitif karena bersaing dengan seluruh Madrasah se-Indonesia. Kami sangat terharu dan bangga atas pencapaian mereka bisa sampai di tahap ini dan kami berharap penelitian ini bisa bermanfaat dan berkelanjutan di kemudian hari”,ujarnya.

Sitti Radhiyah menambahkan,siswi MTsS As’adiyah Putri I Sengkang yang mengikuti lomba MYRES yakni Khoirul Nadya dan Asvyanda Auliamulya Pusponegoro merupakan dua siswi dari kelas IX MTsS As’adiyah Putri I Sengkang. Adapun judul penelitiannya “Pengaruh Populasi Ikan Sapu-sapu (Pterygoplichthys pardalis) di Danau Tempe terhadap Tangkapan Ikan Ekonomis”, ungkapnya.

Khoirul Nadya selaku peneliti pertama menjelaskan seberapa besar pengaruh populasi ikan sapu-sapu dan solusi pemulihan tangkapan ekonomis.

Sebelum melakukan pengumpul data, mereka melakukan pemantapan perencanaan tim, selanjutnya koordinasi dengan Dinas Perikanan. Penelitian ini diapresiasi oleh bapak Ambo Asse, S.H, M.AP selaku Kepala Bidang Perikanan Tangkap.

Pengumpulan data dilakukan dengan observasi sekaligus wawancara mendalam di lingkungan Baru Orai dan Desa Laelo Kecamatan Tanasitolo. Kemudian melakukan Focus Grup Discussion di Desa Salotengnga Kecamatan Sabbangparu untuk menemukan solusi.

Hasil yang ditemukan adalah ikan sapu-sapu memberikan pengaruh yang sangat besar bagi nelayan dan solusi pemulihan kembali hasil tangkapan ikan ekonomis adalah dengan cara memanfaatkan ikan sapu-sapu menjadi bernilai ekonomis juga penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan.

Saat ini kedua santriwati sedang mempersiapkan diri ke Grand Final yang nantinya akan melakukan presentasi dan Expo pada tanggal 10 – 12 Oktober 2022 di Jakarta.

Sementara itu melalui pesan singkat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo H. Muhammad Yunus menyampaikan ucapan selamat kepada Santriwati MTs Putri 1 As’adiyah Sengkang

“Alhamdulillah, luar biasa.. suatu kebanggaan buat kita semua khususnya kepada tim MTs Puteri I As’adiyah dengan kesungguhannya, pada akhirnya bisa lolos ke grand final. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Ananda, Khoirul Nadya dan Asvyanda Aulia Mulya Pusponegoro atas prestasinya dan semoga kesuksesan ini terus berlanjut” ucapnya

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kapolres Wajo Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Sebra 2022

Mon Oct 3 , 2022
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) –  Dalam Apel Gelaran Pasukan Operasi Zebra 2022, Kapolres Wajo AKBP H.FATCHUR R.SH.MH bertindak selaku Inspektur Apel, Kasat Lantas AKP Haryanto S.Sos perwira apel dan Komandan Apel KAPTEN Baharudin di lapangan upacara Mapolres Wajo. Senin (03/10/2022). Kegiatan Operasi Zebra diawali dengan penyematan pita oleh pemimpin […]