Gelar Rembuk Stunting, Yustian : Ini Menjadi Amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) — Pemeritah Desa Batu menggelar rembuk stunting di Aula Kantor Desa Batu dengan mengangkat thema ” Melalui Konvergensi Pencegahan Stunting Kita Wujudkan Sumber Daya Manuaia Yang Unggul Menuju Indonesia Maju”.Selasa 30/ 8/2022.

Kegiatan yang dilaksanakan, selain rembuk stunting pada hari ini, ada tiga acara akan di gelar termasuk RKP Desa tahun 2023.

Dari mata acara tersebut di buka langsung oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Batu, Sultan.

“Rembuk stunting ini merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2023,”ujarnya.

Kepala Desa Batu,Drs Baharuddin dalam sambutan menyampaikan kegiatan pada hari ini, Selasa 30/8/2022 ada empat mata acara yakni rembuk stunting,penetapan hasil pemutakhiran SDGs Ddsa,Musdes transfortasi DBM eks.PNPM menjadi Bumdesma dan penyusunan RKPdesa Tahun Anggaran 2023, ungkapnya.

Yustian, SE pendamping Desa Batu mengatkan tentu ini menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan Dana Desa tahun 2023 untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Peserta dari rembuk stunting Desa Batu yaitu Kader Pembangunan Manusia (KPM),Perwakilan Puskesmas Pitumpanua, Aparatur Desa, BPD,Pendamping Desa Batu, Kader Posyandu,Guru PAUD, PKK, Bidan Desa dan dari pihak Pustu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Batu.

“Rembuk stunting ini sifatnya wajib dilaksanakan di setiap desa karena diinstruksikan langsung dari pemerintah pusat berdasarkan regulasi,” tutupnya.

Diketahui, permasalahan stunting menjadi prioritas pemerintah dikarenakan masalah ini mepengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak.

Oleh sebab itu, program ini harus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat, terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor,mengingat urgensi persoalan stunting ini, maka diwajibkan Bagi Desa menuangkan dalam RKP Desa dan APBDes untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan stunting.

Langkah ini diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah desa dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak.

Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Adapun hasil final rembuk stunting Desa Batu untuk dianggarkan tahun 2023 mendatang diantaranya pengadaan jambang,pengadaan tong sampah.penambahan gizi balita / ibu hamil, kesehatan Lansia dan lainnya.

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Amran Mahmud Harap Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tak Sekadar Seremoni

Tue Aug 30 , 2022
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Amran Mahmud selama menjadi Bupati Wajo menjadikan peningkatan reformasi birokrasi sebagai salah satu perhatiannya. Hal ini bertujuan agar kualitas pelayanan kepada masyarakat terus meningkat. Hal ini juga menjadi penekanan orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng itu saat menghadiri pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah […]