Amran Mahmud Harap Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tak Sekadar Seremoni

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Amran Mahmud selama menjadi Bupati Wajo menjadikan peningkatan reformasi birokrasi sebagai salah satu perhatiannya. Hal ini bertujuan agar kualitas pelayanan kepada masyarakat terus meningkat.

Hal ini juga menjadi penekanan orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng itu saat menghadiri pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Wajo di Hotel Sermani, Sengkang, Selasa (30/8/2022).

Amran Mahmud mengatakan, reformasi birokrasi merupakan langkah awal untuk melakukan penataan sistem penyelenggaraan pemerintah yang efektif dan efisien sehingga pelayanan masyarakat dapat dilakukan secara cepat, tepat, dan profesional.

“Pencanangan yang kita lakukan hari ini adalah awal yang baik dalam menetapkan komitmen instansi pemerintah, pimpinan, dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” kata Amran Mahmud.

Namun demikian, kata dia, dalam perjalanannya tentunya akan banyak kendala yang dihadapi, seperti penyalahgunaan wewenang, praktik KKN, dan lemahnya pengawasan. Hal inilah harus ditangani dan diantisipasi dengan serius untuk mewujudkan good governance.

Ketua DPD PAN Wajo ini mengungkapkan, dibutuhkan komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pada kegiatan yang dirangkaikan dengan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral ini, Amran Mahmud berharap pencanangan kali ini tidak sekadar seremonial. Namun, mesti menjadi bukti nyata, keseriusan, dan komitmen dari segenap aparatur BPS Wajo untuk melakukan upaya terbaik menuju tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik.

“Wujudkanlah wilayah bebas dari korupsi yang memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Kabupaten Wajo tanpa terkecuali. Tetapkan pelayanan prima dan perilaku antikorupsi serta bangun komitmen bersama dalam melaksanakan tugas menyediakan data berkualitas untuk Indonesia maju,” pesannya.

Amran Mahmud pada kesempatan ini menerima piagam penghargaan untuk Pemkab Wajo dari Kepala BPS Sulsel atas dukungan penyelenggaraan pendataan long form sensus penduduk 2020.

Sementara, Kepala BPS Wajo, Rustam, menyampaikan segenap tim kerja reformasi birokrasi BPS Wajo telah melakukan sederet upaya untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bapak Bupati Wajo, jajaran Forkopimda Wajo, kepala OPD, kepala instansi vertikal, serta undangan lainnya yang telah berkenan hadir hari ini untuk memberikan dukungan bagi BPS Kabupaten Wajo dalam membangun fondasi awal Zona Integritas menuju WBK dan WBBM,” ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala BPS Sulsel diwakili Fungsional Statistik Madya, Wa Ode Al’asaria; Kajari Wajo diwakili Kepala Sub Bagian Pembinaan, Muhammad Ridwan; Kepala Dinas Kominfotik Wajo bersama para kepala OPD lainnya, Kepala BPN/ATR, mewakili Kakan Kemenag, serta jajaran BPS Wajo.

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *