Figur Bermunculan Siap Perebutkan Kursi 01 DPC Apdesi Wajo

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Sisa menghitung hari ,teka teki kursi 01 DPC Apdesi Wajo akan terjawab.

Beberapa figur saat ini bermunculan dan Panitia Musyawarah Cabang (Muscab) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Wajo tahun 2022, kini gencar sosialisasikan terkait pemilihan calon Ketua DPC Apdesi Wajo.

Sosialisasi pemilihan calon Ketua DPC Apdesi Kabupaten Wajo ini, merupakan bagian dari tahapan Muscab yang mana di Kabupaten Wajo sebanyak 142 desa sebagai pemegang hak suara.

“Mengenai kegiatan Muscab Apdesi, saat ini kami terus mensosialisasikan pemilihan calon ketua DPC Apdesi Wajo,” Imbuh Syamsu Ridha, S.Sos,Ketua Panitia Muscab DPC Apdesi Kabupaten Wajo,Minggu, 24 Juli 2022.

Dalam pelaksanaannya, kata Ridha, sosialisasi pemilihan calon ini, memang hanya dilakukan oleh Panitia Muscab, tanpa melibatkan satu bakal calon pun. Hal ini dilakukan, untuk menghindari munculnya konflik atau ketegangan diantara para calon nantinya.

Dijelaskan Ridha,berdasarkan hasil musyawarah panitia, pelaksanaan Muscab Apdesi Kabupaten Wajo tahun ini, akan dilaksanakan pada Ahad , 31 Juli 2022 mendatang bertempat di Sallo Mall Sengkang Kecamatan Tempe.

Selain untuk merumuskan program kerja, Muscab ini nantinya akan diisi dengan Pemilihan Ketua DPC Apdesi Kabupaten Wajo periode tahun 2022-2027.

Lanjut Ridha,pembukaan bursa calon Ketua DPC Apdesi Wajo akan berlangsung dua hari yakni Jumat dan Sabtu ,29 dan 30 Juli 2022 dan pendaftaran calon Ketua DPC Apdesi Wajo di buka bagi anggota Kepala Desa Aktif tampa batasan calon sepanjang mereka memenuhi persyaratan tata tertib panitia berdasarkan AD/ ART DPC Apdesi Wajo, terang Ridha.

“Insya Allah persiapan Muscab DPC Apdesi ini sudah cukup matang. Tinggal menunggu pelaksanaannya saja. Mudah-mudahan, berjalan lancar sesuai harapan,” ujar Ridha Kepala Desa Keera.

Sekedar diketahui bahwa sumber dana dalam kegiatan tersebut adalah partisifasi murni dari masing masing Kepala Desa sebanyak 142 desa,ini hasil rapat di cafe Mattiro Tappareng Sengkang belum lama ini.

Menyinggung jumlah hak suara dalam pemilihan ketua DPC Apdesi Wajo menurut Ridha ,tentunya satu suara per desa dari 142 pemegang suara,di tambah 2 hak suara dari DPD serta DPC 1 hak suara sehingga total145 hak suara dalam pemilihan DPC Apdesi Wajo.

Untuk sementara ini,nama bakal calon yang mengerucut dan ramai di perbincangkan yaitu Andi Page,S.Sos Kepala Desa Temmabarang Kecamatan Penrang dan Asri Prasak Mas’ud Kepala Desa Tosora Kecamatan Majauleng, Ir.Hasbi Kades Alewadeng Kecamatan Sajoanging.

Rustan, SE kepada media ini mengungkapkan,sangat menyanyangkan jika dalam perhelatan kursi 01 DPC Apdesi Wajo yang akan di gelar 31 Juli 2022 tidak ada figur calon ketua dari Kecamatan Pitumpanua – Keera ,karena beberapa Kepala Desa dari dua kecamatan tersebut banyak yang layak dan bisa untuk menduduki kursi 01 DPC Apdesi Wajo priode 2022 – 2027 ,ujar Rustan,pengurus LSM LPPNRI Wajo.

Editor: Sultan