Ketua DPRD Wajo Meminpin Rapat Paripurna Ranperda LPJ APBD 2021

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Ketua DPRD Wajo H.Andi Alauddin Palaguna, S.Sos meminpin rapat paripurna tingkat I terkait persetujuan bersama antara Pemkab Wajo dengan DPRD Wajo di Kantor DPRD Wajo, Selasa (19/7/2022).

Dalam kesempatan itu,Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyampaikan pendapat akhirnya dalam Rapat Paripurna Tingkat I DPRD Kabupaten Wajo terkait persetujuan bersama antara Pemkab Wajo dengan DPRD Wajo terhadap Ranperda tentang LPJ pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 di Kantor DPRD Wajo.

Amran pada kesempatannya terlebih dahulu menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota dewan. Hal itu atas dukungan dan kerja keras selama proses pembahasan ranperda.

Ia mengatakan bahwa melalui persetujuan bersama terhadap Ranperda ini, yang selanjutnya menjadi bahan evaluasi oleh Pemprov Sulsel sebelum ditetapkan menjadi perda, maka secara konstitusional seluruh proses pembahasan telah memenuhi prosedur dan tahapan sesuai peraturan berlaku dan dinyatakan selesai dengan baik.

Lanjut kata Amran bahwa ranperda ini telah disusun dan disajikan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta telah memenuhi kaidah-kaidah standar akuntansi pemerintahan.

“Ranperda ini memuat laporan keuangan pemerintah daerah yang telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan perubahan ekuitas, laporan operasional, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan,” urainya.

Terkait dengan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Pemkab Wajo tahun anggaran 2021, lanjut Amran Mahmud, diperlukan rencana aksi berupa pemantauan tindak lanjut sesuai dengan rekomendasi. Dengan berupaya secara maksimal menindaklanjuti seluruh temuan tersebut dan memperbaiki proses pelaksanaan APBD yang masih kurang maksimal.

Diketahui rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna, didampingi Wakil Ketua I, Firmansyah Perkesi, dan Wakil Ketua II, Andi Senurdin Husaini. Dihadiri Bupati Wajo Dr H.Amran Mahmud, S.Sos.MSi,Kapolres Wajo, AKBP Fatchur Rochman, perwakilan Forkopimda, Sekda Wajo, Armayani,para anggota dewan, para kepala perangkat daerah, serta undangan lainnya.

Laporan : M.Zul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Elfrianto Hadiri Silaturahim Kapolres Wajo di Pitumpanua

Tue Jul 19 , 2022
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) — Kunjungan silaturahim Bupati Wajo Dr.H.Amran Mahmud,S.Sos M.Si,Kapolres Wajo AKBP Fatchur Rohman,SH,MH dan Dandim 1406/Wajo, Letkol Inf Muhammad Jaunda S.E dengan tokoh masyarakat di Kecamatan Pitumpanua,Kabupaten Wajo, anggota DPRD Kabupaten Wajo dari partai PAN dapil Pitumpanua Keera , Elfrianto, ST turut menjemput rombongan. Senin 18/7/2022. […]