Bupati Wajo Mengukuhkan Pengurus Kwartir Ranting Pramuka dan Jambore Ranting Pitumpanua

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Sempat vakum akibat pandemi Covid-19, gerakan kepanduan di Bumi Lamaddukelleng kembali bisa dilaksanakan.

Untuk menggairahkan kembali kegiatan kepramukaan, Bupati Wajo, Amran Mahmud menyempatkan hadir hadir menemui langsung kader-kader pramuka sekaligus mengukuhkan Pengurus Kwartir Ranting Pramuka dan Jambore Ranting.

Meskipun, karena karena padatnya kegiatan Dinas yang telah terjadwal sehingga sebagian kecamatan tidak sempat dihadiri langsung dan untuk pengukuhannya diwakilkan kepada ketua harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo.

Amran Mahmud memberi apresiasi kepada pengurus Kwartir Ranting karena pelaksanaan Jambore secara maraton bisa berlangsung di setiap kecamatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Ini patut kita apresiasi karena meski saat ini kita masih di tengah pandemi, kegiatan jambore bisa berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Amran Mahmud saat menghadiri Kegiatan Jambore Ranting yang dirangkaikan dengan pengukuhan Ketua dan Anggota Majelis Pembimbing Ranting, Pengurus Kwartir Ranting dan Anggota Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Ranting Pitumpanua Masa Bakti 2021-2024 yang digelar di Lapangan Desa Tanrongi Kecamatan Pitumpanua, Kamis (03/03/2022).

Lanjut Amran, Jambore yang diaksanakan baik di Tingkat Ranting, Tingkat Cabang hingga ke Tingkat Nasional merupakan ajang silaturrahmi dan pesta bagi Pramuka Golongan Penggalang.

“Kita berharap Jambore ini bisa terseleksi kader-kader, tunas-tunas generasi pemimpin masa depan yang akan datang, yang telah ditempa dengan gerakan kepanduan pramuka,” harapnya.

Bahkan Amran mengakui, pengalaman kepramukaan yang didapat sejak SD, SMP hingga SMA menjadi bekal berharga dalam menjalankan kepemimpinannnya saat ini.

“Saya aktif di kepramukaan sejak SD. Dan itu sangat bermanfaat, karena mendidik kita mandiri, disiplin, memiliki kompetensi, kemampuan, skil dan keterampilan,” akunya.

Pasalnya kata dia, banyak orang pintar tapi tidak punya skill. Sehingga bagaimanapun pintarnya mereka kalau tidak dibarengi skil tidak bisa juga unggul dan diperhitungkan.

“Maka itu di kepanduan pramuka kita dapatkan semua skil itu dan harus kita praktekkan. Tidak mungkin kita hanya teori saja belajar dikelas, tapi harus juga ada ada praktek bagaimana melatih kepekaan kita dalam beradaptasi dengan kekinian. Apalagi di era industri 4.0 bahkan sekarang 5.0 menuntut kita memiliki kompetensi yang kualifik.

Menutup sambutannya, Amran tak lupa menyampaikan selamat bertugas kepada Ketua dan Anggota Majelis Pembimbing Ranting, Pengurus Kwartir Ranting dan Anggota Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Ranting Pitumpanua yang baru dikukuhkan.

“Semoga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diembangnya dengan prinsip Sukarela dan Amanah. Sebagaimana salah satu Prinsip Gerakan Pramuka “Ikhlas Bakti Bina Bangsa, Berbudi Bawa Laksana,” ucapnya.

Amran Mahmud juga meminta agar Gerakan Pramuka Wajo membantu menyukseskan kegiatan vaksinasi di Kabupaten Wajo.

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bupati Wajo Sampaikan Ucapan Selamat Ultah 103 Damkar Wajo

Fri Mar 4 , 2022
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Bupati Wajo, Amran Mahmud menyampaikan Selamat Ulang Tahun ke-103 kepada Jajaran Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Wajo. Ucapan tersebut disampaikan langsung Amran Mahmud saat bersilaturrahim dengan para personil di Posko Damkar dan Penyelematan Kabupaten Wajo, Sengkang, Jum’at (04/03/2022). Para personil menyambut Amran Mahmud dengan […]