Wajo  

Bupati Wajo Serahkan 207 Sertifikat SeHat Dan Sehatkan Nelayan di Kecamatan Keera

Penyerahan Sertifikat Atas Hak Tanah Nelayan (Foto Sultan)

Clebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) —Sebagai wujud kepedulian Negara untuk mensejahterakan nelayan dengan di syahkan undang undang RI Nomor 7 Tahun 2016 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan,pembudidaya dan petambak garam pada tanggal 15 April 2016.

Penyerahan Sertifikat Atas Hak Tanah Nelayan (Foto Sultan)

Upaya pemerintah dalam melakukan perlindungan nelayan maupun keluarganya adalah melalui kegiatan Program Sertifikat Hak Atas Tanah ( SeHat ) Nelayan dan Sertifikat Hak Atas Tanah Pembudidaya Ikan ( Sehatkan ).

Hal inilah di laksanakan Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Dinas Perikanan Kabupaten Wajo menggelar pertemuan tahunan di akhir 2021 dengan penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Nelayan ( SEHAT) dan Sertifikat Hak Atas Tanah Pembudidaya Ikan ( Sehatkan ) Nelayan dari Badan Pertanahan Negara Kabupaten Wajo.

Selain itu, Pemkab Wajo menghadirkan pihak BPJS ketenagakerjaan guna sosialisasi manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi nelayan dan pembudidaya ikan di Kantor Kecamatan Keera Kabupaten Wajo, Senin13/12/2021.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Wajo,Ir Nasfari, di awal acara menjelaskan ada tiga acara dilaksanakan, yaitu penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah / Pembudidaya Ikan , Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan dan penyerahan bantuan Kulbox ke satu kelompok nelayan di Kecamatan
Pitumpanua.Imbuhnya

“Di Kabupaten Wajo sudah ada 264 Sertifikat Hak Atas Tanah Nelayan diserahkan, dan khusus di Kecamatan Keera, diserahkan sertifikat sebanyak 207 sertifikat, 107 untuk nelayan dan 100 untuk Pembudidaya Ikan, ” Tutup Nasfari

Perwakilan BPN Kabupaten Wajo, Hasanuddin , melaporkan jumlah sertifikat yang diserahkan ke masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan terkhusus di wilayah Kecamatan Keera ada 207 sertifikat dari 264 sertifikat yang disiapkan di Wajo, tuturnya

Bupati Wajo, Dr.H.Amran Mahmud,S.Sos.MSi tak berhenti mengingatkan pentingnya menjaga diri dari virus Corona, yang berdampak kesemua leding sektor, karena banyaknya anggaran covid-19.

“Mari gotong royong hadapi corona, dengan memiliki daya tahan tubuh, memiliki anti virus, mari ikut vaksinasi!!! agar imun tubuh kuat dan jangan percaya berita Hoax terkait bahaya vaksin dan sampai akhir bulan Desember ini kita mau capaian 70% warga sudah tervaksinasi agar wilayah kita aman dan yang tidak mau divaksin akan dikunjungi rumahnya oleh petugas vaksinator”, ujar Amran

Mari kita gotong royong dan diharuskan para Camat harus ekstra mengajak masyarakat untuk ikut program vaksinasi.harapnya

Dalam kesempatan itu,Amran Mahmud menyerahkan bantuan Sertifikat Hak Atas Tanah ( Sehat )Nelayan dan Sertifikat Hak Atas Tanah Pembudidaya Ikan ( Sehatkan ) sebanyak 207 Sertifikat dari empat desa / kelurahan di Kecamatan Keera yaitu Desa Pattirolokka, Inrello, Keera dan Kelurahan Ballere.

Lanjut kata Amran,ini supaya aman tanahnya untuk mencegah sengketa tanah dan dapat dijadikan sebagai agunan atau pinjaman untuk pengembangan usaha , dan tentunya gratis. Tanah yang sudah bersertifikat dapat juga menaikkan nilai jual beli tanah karena ada ada pengakuan dari negara.Tambahnya.

Selain itu,Amran Mahmud juga mengajak para nelayan dan petambak ikan masuk asuransi perlindungan diri dalam bekerja di BPJS Ketenagakerjaan, supaya ada perlindungan diri jika ada kecelakaan, atau misalnya ada yang meninggal karena sakit, ahli waris mendapat santunan Rp.42.000.000 ( empat puluh dua juta rupiah) dari BPJS Ketenagakerjaan dan juga ada asuransi tambak, jjka ada kerugian bisa digantikan ,Tutupnya.

Editor : Sultan