Buka Whorkshop Action Plan LABKD, Bupati Wajo : Mari Samakan Persepsi untuk Pemutakhiran Data

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) — Pemerintah Kabupaten Wajo terus berupaya menjadikan Bumi Lamaddukelleng sebagai Smart City. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperbaiki data kependudukan.

Hal itu diungkapkan Bupati Wajo, Amran Mahmud saat membuka workshop action plan replikasi layanan administrasi kependudukan berbasis kewenangan Desa (LABKD) di Hotel Sermani, Selasa, 19 Oktober 2021.

Amran Mahmud mengatakan, untuk menuju smart city harus menggunakan big data atau database. Karena dengan big data atau database akan menentukan kebijakan-kebijakan. Mulai dari kemiskinan, sosial kemasyarakatan, bajeting, kebijakan memajukan daerah, hingga regulasi.

“Semua itu kalau didukung data yang benar hasilnya juga akan benar. Kalau di teori komputer kalau sampah masuk maka sampah juga keluar, sama halnya kalau data baik, maka input juga baik,”ujarnya.

Amran meminta semua pihak untuk mencerahkan dan menyamakan persepsi untuk melakukan langkah-langkah memperbaiki data. Karena Pemerintah Kabupaten Wajo sedang memperbaiki data untuk menuju smart city.

“Untuk menjadi smart city datanya harus bagus. Karena smart city semua pakai data. Kalau masih tumpang tindih efeknya fatal. Jadi ini harus jadi kesungguhan dalam memperbaiki data,”ungkapnya.

Amran Mahmud pun berharap melalui replikasi layanan administrasi kependudukan berbasis kewenangan Desa (LABKD) ada strategi-strategi jitu yang dilakukan.”Semoga dengan workshop ini ada strategi baru untuk kemajuan Wajo ke depan,”harapnya.

Amran juga berpesan kepada peserta workshop secara bersungguh-sungguh. Dengan begitu, harapan dan tujuan pelaksanaan kegiatan dapat tercapai.
“Kita berharap melalui workshop ini juga bisa menyamakan mindset sehingga melahirkan strategi-strategi baru,”tutupnya.

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Terima Penghargaan Proklim Tahun 2021, Bupati Wajo : Semoga Bisa Ditingkatkan, Minimal Dipertahankan

Tue Oct 19 , 2021
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Pemerintah Kabupaten Wajo kembali mendapat penghargaan nasional. Penghargaan kali ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia tersebut yakni Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama Tahun 2021. Kategori utama ini sendiri terbagi dua yaitu Trophy Proklim Utama artinya mendapatkan trophy dan […]