Tidak Dikelola , Warga Setempat Keluhkan Keberadaan TPA di Desa Bau Bau

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) di Desa Bau Bau Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo Propinsi Sulawesi Selatan di keluhkan warga setempat dan akan menjadi PR bagi pemerintah.

Ironisnya,tumpukan sampah setiap hari kian bertambah dan pengelolahan sampah selama keberadaan TPA Bau Bau dua tahun lalu belum adanya perhatian serius dari pemerintah.

Kepala Desa Bau Bau,Jumadi ketika di temui di lokasi TPA Rabu,13 /10/2021 mengungkapkan sangat perihatin dengan adanya keluhan warga selama ini.Baik itu bau aromanya cukup sedap maupun dampak dari pada pencemaran lingkungan bagi warga yang berada di sekitar TPA tersebut.Ungkapnya.

A.Asse Ketua Parade Wajo

“Membeludaknya tumpukan sampah dalam setiap hari dari 5 Desa dan 2 Kelurahan di Kecamatan Pitumpanua sehingga kami sangat perihatin dengan tidak terkelolanya sampah di wilayah kami .Kisaran 5 sampai 6 ton sampah di drop masuk dan di buang begitu saja dalam lokasi TPA”.Imbuh Jumadi.

Muhammad Ishak ,pengelola sampah di TPA Bau Bau mengatakan, sayang sekali jika sampah berton ton yang ada sekarang ini di lokasi TPA Desa Bau Bau Pemerintah Kabupaten Wajo tidak memanfaatkannya.Di minta ada keseriusan dan perhatihan untuk mengelola sampah apalagi di sekitaran lokasi TPA ini ada lokasi persawahan warga ikut di cemari di saat musim hujan.Urai Ishak.

” Olehnya itu,selain pengelolaan sampah dengan baik dari pemerintah juga berharap bantuan pagar di lokasi TPA”. Harapnya.

Pemerhati wajo utara, Rustam, menghawatirkan aroma bau busuk mengganggu aktivitas masyarakat, karena TPA Bau Bau tidak jauh dari pemukiman. Disamping itu, pencemaran udara yang disebabkan oleh sampah dapat memberikan dampak buruk kesehatan.

Senada dengan itu, Hamsing,demi menjaga dampak buruk kesehatan warga karena tidak terkelolanya sampah saat ini,maka di harapkan pemerintah kabupaten serius menangani perihal keberadaan TPA Bau Bau.Ujarnya

Jumadi Kades Bau Bau

Ketua Parade Kabupaten Wajo, A.Asse dilokasi TPA menguraikan bahwa tumpukan sampah selama kurung waktu dua tahun berjalan tentu dapat membahayakan kesehatan warga Desa Bau Bau.Tumpukan sampah sekarang sudah berbukit,jadi kemungkinan satu dua tahun kedepan jika sampah tidak di kelola akan menjadi tumpukan sampah gunung buatan dan akan membahayakan warga akibat dampak pencemaran lingkungan.

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Operasi Bina Kusuma 2021, Sat Binmas Polres Wajo Lakukan Binluh ke SMK 1 WAJO

Wed Oct 13 , 2021
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Polres Wajo menggelar operasi Bina Kusuma 2021 di sekolah-sekolah yang ada di wilayah hukum Polres Wajo, Kegiatan yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Wajo dan personilnya ini menyasar di sekolah SMK 1 Wajo. Rabu (13/10/2021). Kegiatan di laksanakan dengan memberikan arahan khusus tentang kenakalan […]