Bakal Diresmikan Jokowi, Ini Manfaat Jangka Panjang Keberadaan Bendungan Pasellloreng

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Penantian rampungnya pembangunan Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng, akhirnya terwujud. Itu setelah pemerintah pusat mengagendakan peresmiannya dalam waktu dekat ini.

Bahkan jika tak ada hambatan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan datang langsung ke Bumi Lamaddukkelleng untuk melakukan peresmian ke salah satu bendungan terbesar di pulau Sulawesi.

Lalu, seperti apa detail bendungan ini? Dari berbagai data dan sumber yang dihimpun, proyek strategis nasional ini, mulai dikerjakan pada 2015 lalu. Dan penyelelesainnya memang tengah digenjot beberapa bulan terakhir.

Bendungan ini bakal memiliki kapasitas tampung sekira 138 juta meter kubik. Luas genangan 169 hektar, dan ditarget bisa mengairi areal persawahan 8.510 hektar.

Bendungan Paselloreng yang dibangun dengan biaya sebesar Rp 771,69 miliar. Sementara, Bendungan Gilireng yang menggunakan anggaran Rp199 miliar yang berlokasi di Desa Arajang. Fungsinya sebagai pintu air yang akan mengairi lahan persawahan.

Jika sudah berfungsi secara maksimal, maka lahan persawahan di sekitar di Kecamatan Gilireng, Sajoanging, Penrang, dan sebagian Majauleng akan terairi. Dampaknya bisa meningkatkan produksi pertanian yang bermuara pada kesejahteraan petani dan warga.

Bukan hanya sektor pertanian, hadirnya bendungan ini juga berfungsi sebagai penyedia air baku, konservasi sumber daya air, dan pengembangan kawasan wisata.

Begitu pula Bendungan Paselloreng dan Gilireng bisa dimanfaatkan sebagai infrastruktur pengendali banjir wilayah hilir Sungai Gilireng sebesar 1.000 meter kubik per detik.

Manfaat lainnya akan mendukung pengembangan sektor perikanan air tawar dan pariwisata serta konservasi Sumber Daya Air pada kawasan green belt.

Bupati Wajo Amran Mahmud, mengaku bersyukur dengan terealisasinya pembangunan ini. Menurutnya, dampak positif untuk jangka panjang akan terasa dalam mendukung berbagai program pemerintahan.

“Insyaallah akan banyak memberi manfaat untuk Wajo dengan kehadiran Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng. Kita tentu patut berterima kasih kepada pemerintah pusat, dan singergitas semua pihak atas rampungnya pembangunan ini,” kata Bupati Wajo, Dr Amran Mahmud, Rabu (8/9/21). (*)

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Peduli Korban Bencana Banjir,Kapolda Sulsel Serahkan Bantuan

Wed Sep 8 , 2021
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Kapolda Sulsel Bersama Rombongan Memberikan Bantuan Sembako Kepada Korban Banjir Di Kab. Wajo Bertepatan Pada Hari Rabu Tanggal 8 September 2021 Pukul 10.00 Wita Bertempat Di Kelurahan Salomenraleng Kec. Tempe Kab. Wajo. Kapolda Sulsel IRJEN POL Drs. MERDISYAM, M.Si Bersama Rombongan Didampingi Kapolres Wajo […]