Amran Mahmud Luncurkan Penerapan BLU-e di Wajo, Cegah Pemalsuan Data Kendaraan

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, Amran Mahmud-Amran, S.E., terus berbenah dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Teranyar, Pemkab Wajo melalui Dinas Perhubungan (Dishub) kini mulai menerapkan Bukti Lulus Uji secara Elektronik (BLU-e). Ini ditandai peluncuran oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud, di Kantor Dishub Wajo, Selasa (27/7/2021).

Sebelum peluncuran, Amran Mahmud terlebih dahulu menyaksikan pengujian kendaraan yang dilakukan oleh penguji Dishub. Setelah dinyatakan lulus uji, orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng menyerahkan sertifikat dan smart card lolos uji elektronik kepada pemilik mobil.

Asal tahu saja, BLU-e adalah pengganti bukti lulus uji kir yang dahulu berbentuk buku. BLU-e terdiri atas 2 sertifikat tanda lulus uji, 2 stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan, dan satu smart card dengan teknologi NFC.

Amran Mahmud mengatakan, langkah maju yang dilakukan Dishub Wajo makin memudahkan mengontrol kondisi kendaraan dan kesesuaian kapasitas muatannya. Sistem elektronik ini akan menjadikan pelayanan kepada masyarakat lebih efisien dan efektif.

“Inovasi BLU-e ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Wajo untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, kemudahan pengurusan izin kir yang nantinya diharapkan akan memudahkan pengguna kendaraan dalam mengurus perizinan kendaraan dan kelaikan kendaraan,” beber Amran Mahmud.

Harapannya, dengan penerapan BLU-e, kata dia, kualitas pelayanan terhadap pengujian kendaraan bermotor akan meningkat dan dapat meminimalkan praktik percaloaan. Selain itu, mencegah pemalsuan data kendaraan, serta diharapkan dapat mengoptimalkan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD).

Sementara itu, Kepala Dishub Wajo, A. Hasanuddin, berharap dengan berlakukanya bukti lulus uji elektronik ini, pelayanan kepada masyarakat akan keamanan bertransportasi bisa lebih meningkat.

“Kami harap dengan berlakunya BLU-e, pelayanan kami bisa lebih maksimal dan masyarakat bisa lebih nyaman dan aman. Mudah-mudahan hal ini bisa menghindarkan masyarakat dari percaloan,” ujarnya.

Turut hadir pada peluncuran BLU-e di Wajo, yakni Ketua DPRD bersama Ketua Komisi III DPRD Wajo, Kasat Lantas Polres Wajo, Kepala Jembatan Timbang BTPD XIX Sulselbar, Kepala Cabang BRI Sengkang, dan perwakilan Organda. (*)

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Gelar Rikkes Berkala Untuk Cek Kondisi Kesehatan Personel Polres Wajo

Tue Jul 27 , 2021
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Personel Polres Wajo melakukan pemeriksaan kesehatan (rikkes) berkala di Aula Sandi Polres Wajo. Pemeriksaan Kesehatan yang selanjutnya disingkat Rikkes adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan medis yang dilaksanakan untuk Pegawai Negeri pada Polri. Pemeriksaan Kesehatan Berkala yang selanjutnya disingkat Rikkesla adalah Rikkes yang dilaksanakan secara periodik […]