Jalan Kaki 1 Kilometer, Bupati Wajo Siapkan Solusi Jangka Panjang untuk Jalan Tancung Purai

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Bupati Wajo, Amran Mahmud, terus berusaha menggenjot pembangunan infrastruktur di bawah kendali pemerintahannya di Bumi Lamaddukelleng. Salah satu fokusnya adalah akses jalan hingga pelosok.

Minggu (18/7/2021) kemarin, meski libur akhir pekan, Amran Mahmud turun langsung meninjau ruas jalan Tancung Purai Desa Limporilau-Larukkatio, Kelurahan Belawa, Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Minggu (18/7/2021).

Amran Mahmud berjalan kaki sekitar satu kilometer didampingi pemerintah dan tokoh masyarakat setempat untuk melihat langsung secara detail kondisi ruas jalan.

Perwakilan tokoh masyarakat setempat, Gaffar Haruna, menyampaikan bahwa masyarakat berkeinginan agar bisa ada akses penghubung antara Larukkatio dan Limporilau.

“Kita juga berharap agar bisa dilakukan penanganan di beberapa ruas, khususnya ruas Malakke-Tokadde, Macero-Soreanglopi, dan Menge-Salompare. Termasuk ruas Larukkatio-Limporilau juga ini,” ucap Gaffar.

Menanggapi hal itu, Amran Mahmud berjanji akan mengupayakan agar secepatnya bisa dilakukan pemeliharaan. “Saya sudah instruksikan kepada Kepala Dinas PUPR untuk segera dilakukan pemeliharaan untuk ruas-ruas jalan tersebut yang membutuhkan penanganan,” ucap Amran Mahmud.

Dia pun telah menyiapkan langkah lanjutan. “Untuk akses yang menghubungkan antara Larukkatio-Limporilau kami rencanakan jika Jembatan Soreanglopi sudah dibangun, jembatan lama akan dipindahkan ke sini. Di samping kita juga akan lakukan pemeliharaan pada ruasnya,” imbuh Amran Mahmud.

Amran Mahmud juga menyampaikan, beberapa jalan di Wajo sebenarnya adalah wewenang Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Namun, demikian pihaknya akan tetap melakukan penanganan.

“Selain itu, semua jalur utama yang meskipun kewenangan provinsi, kita tetap akan lakukan penanganan agar bisa lebih nyaman dilewati. Sambil kami terus berkomunikasi dengan pemerintah provinsi untuk pembangunan ruas permanennya,” tuturnya.

Selain ruas jalan, Amran Mahmud juga mendapati tumpukan sampah di Sungai Limporilau. Dia pun meminta kepada Kepala Dinas PUPR Wajo segera berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jenneberang (BBWS PJ) untuk penanganannya.

“Untuk sampah di Sungai Limporilau ini karena termasuk dalam kewenangan BBWS PJ. Saya sudah instruksikan Kadis PUPR juga segera berkoordinasi dengan BBWS PJ untuk dilakukan penanganan,” sebut Amran Mahmud.

Sementara itu, Kadis PUPR Wajo, Andi Pameneri, menyampaikan siap untuk melaksanakan instruksi Bupati Wajo. “Untuk pemeliharaan ruas jalan yang dimaksud, kami akan laksanakan akhir bulan Juli ini atau awal Agustus. Kita berharap semoga tidak hujan agar pekerjaan bisa dilaksanakan,” ungkap mantan Camat Keera ini.

Untuk penanganan sampah di Sungai Limporilau, kata dua, pihaknya telah berkoordinasi dan mengirim proposal ke BBWS PJ. “Kami akan kawal sesuai harapan Bapak Bupati,” ucapnya.

Dari sini, Amran lalu mengunjungi sekaligus memberikan dukungan untuk pengembangan salah satu wisata kuliner Wiring Galung di Desa Sappa. (*)

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Berbagi Tugas Idul Adha; Bupati Wajo Khatib, Wakil Bupati Bawa Sambutan

Tue Jul 20 , 2021
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Bupati dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud-Amran, S.E., tampil bersama saat pelaksanaan salat Iduladha 1442 H/2021 M di Masjid Agung Ummul Qura, Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (20/7/2021). Pada momentun spesial ini, “Duo Amran” kompak berbagi tugas. Amran Mahmud bertindak selaku khatib, sedangkan […]