Bersinergi, Pemdes, BPD Dan Pendamping Desa Dalam Musdus Penyusunan RPJM Desa

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Dalam Rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ( RPJM Desa ) tahun 2021 – 2027, Pemerintah Desa Batu Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo menggelar Musyawarah Dusun ( MUSDUS ) yang dilaksanakan dimulai pukul 08.00 – 17.30 wita dalam tenggang waktu sehari dengan 4 kali pertemuan.

Di desa Batu terdiri dari 4 dusun, sehingga pertemuan RPMJdesa di gelar dengan dua tempat yaitu ,tiga kali pertemuan di aula kantor desa Batu dan satu di salah satu rumah warga di dusun Limpomajang,Kamis,15 Juli 2021.

Penyusunan RPJM Desa Batu dilaksanakan mengingat masa jabatan Kepala Desa saat ini adalah tahun pertama setelah di gelarnya pilkades serentak pada 25 mei 2021 lalu.

Bersinergi,musyawarah tersebut dihadiri oleh Kepala Desa bersama jajaran,Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) bersamaanggota,pendamping desa Batu,Bhabinkamtibmas,
perwakilan masyarakat Dusun
yaitu Tokoh agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan Tokoh Pemuda

Pelaksanaan Musdus Penyusunan RPJMDes ini bertujuan sebagai media Masyarakat Dusun untuk mengemukakan pendapat dan usulan baik itu rencana kegiatan yang meliputi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Yang selanjutnya Pemerintah Desa akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( MUSRENBANG Desa ) untuk menetapkan usulan-usulan tersebut untuk di dimasukkan menjadi kumpulan usulan yang dimuat dalam RPJMDes sebagai pedoman Kepala Desa untuk membangun Desa 6 tahun kedepan.

Kades Batu, Drs Baharuddin dalam sambutan mengharapkan kepada warga agar mengusulkan segala programnya untuk enam tahun kedepan,apakah itu terkait masalah pembangunan fisik,pemberdayaan,
pendidikan dan usulan lainnya,imbuhnya

Pendamping desa Batu,Justian menyampaikan kepada warga dalam musdus tersebut ,seyognyanya mengusul program yang ada di wilayah dusun masing-masing guna di masukkan dalam pembahasan Musrembang desa nantinya.

Usai rapat Musdus,warga di dusun Limpomajang mengundang makan durian bersama di kediamannya

” Segala program bapak dan ibu di kegiatan musdus, tentu akan di jadikan agenda dalam pembahasan 6 tahun kedepan di musrembang.terang”,Justian.

Kegiatan Musdus RPMJdes Desa Batu tetap menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19. ( Red )

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Resmikan RS Hikmah Citra Medika, Bupati Wajo: Layanan Kesehatan Harus Cepat, Menyenangkan, dan Mudah

Fri Jul 16 , 2021
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Pemerintah Kabupaten Wajo tidak henti-hentinya berupaya memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada warganya. Sesuai harapannya bahwa layanan kesehatan harus cepat, menyenangkan, dan mudah. Jumat (16/7/2021), satu lagi layanan kesehatan hadir untuk masyarakat Bumi Lamaddukelleng. Itu setelah Bupati Wajo Amran Mahmud, meresmikan Rumah Sakit (RS) Hikmah […]