Wajo  

Sejumlah Kalangan, Alamsyah Dinilai Sosok Tepat Isi Kekosongan Sekda

Kepala Badan Kesbangpol Kab.Wajo Haji Alamsyah

Xelebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Pasca kekosongan jabatan lingkup Pemerintahan Kabupaten Wajo, yakni salah satunya untuk jabatan pejabat depenitif Sekda Wajo yang sejak sekitar beberapa pekan lalu mengalami kekosongan pasca pengunduran Sekda Wajo sebelumnya, Haji Amiruddin A yang telah secara resmi melayangkan surat pengunduran dirinya sebagai Sekda Wajo.

Kepala Badan Kesbangpol Kab.Wajo Haji Alamsyah

Berkaitan hal tersebut diatas Pemkab Wajo dalam hal ini Bupati Wajo Dr Haji Amran Mahmud S,Sos, Msi dan melalui persetujuan Pelaksana Jabatan Gubernur Sulsel akhirnya menunjuk Asisten Pemerintahan Pemkab Wajo, Andi Ismirar Sentosa untuk sementara sebagai pejabat pelaksana Sekda Wajo sambil menunggu proses lelang jabatan untuk mengisi jabatan defenitif Sekda Wajo.

Untuk hal tersebut sejumlah kalangan baik aktivis, pemerhati pemerintahan hingga kalangan awak media dan ASN Wajo, menilai sosok Haji Alamsyah merupakan salah satu figur atau sosok birokrasi yang dianggap tepat dan sesuai untuk menempati nantinya jabatan sebagai Sekda Wajo untuk mendampingi pelaksanaan pemerintahan dan tugas kinerja Bupati Wajo dalam menjalankan roda pemerintahan kedepanya.

Ketua Gegas (Gerakan Ganti Sekda) Wajo, Muhammad Amir yang ditemui awak media ini disalah satu tempat Warkop di Kota Sengkang Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo mengungkapkan hal tersebut dan mengatakan kalau dari sekian sosok atau figur birokrasi yang ada di Wajo, sosok seorang Haji Alamsyah dinilai tepat dan sesuai untuk mengisi jabatan Sekda Wajo.

Ini bukan tanpa alasan, pasalnya Haji Alamsyah merupakan seorang birokrasi senior dan mempunyai cukup pengalaman dalam pemerintahan dan telah banyak menduduki sejumlah jabatan lingkup Pemkab Wajo, antaranya pernah menjadi Camat Pammana, Kabag Kesra, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan saat sekarang menduduki posisi sebagai Kepala Kesbangpol Pemkab Wajo.Ujarnya

Tak hanya itu, Dirinya menilai kalau sosok seorang Haji Alamsyah juga orang yang mempunyai segudang pengalaman kerja dalam pemerintahan dan juga mampu melakukan koordinasi dengan sejumlah kalangan dan juga lingkup ASN Wajo serta bisa memberikan solusi solusi dan pemikiran untuk pemerintahan serta untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Wajo.Tutupnya

Hal serupa juga sebelumnya pernah diungkapkan oleh
Ketua PHI (Pelita Hukum Independen) Wajo, Sudirman SH, MH kalau dari sekian sosok yang bisa untuk menduduki jabatan Sekda Wajo, itu salah satu memang bisa dan dinilai tepat adalah sosok Haji Alamsyah untuk menduduki jabatan Sekda Wajo dan bisa membantu tugas tugas Bupati untuk pemerintahan.

Seperti yang kami ketahui selama ini, sosok beliau ini memang bisa dan sangat potensi dengan berbagai pengalaman serta kemampuan komunikasi dan koordinasi yang dimiliki bagus untuk semua kalangan dan mampu memberikan masukan masukan atau solusi atas suatu masalah.Ucap Sudirman

Sedang dari Andi salah satu perwakilan media dan juga Ketua organisasi dan kaderenisasi lembaga JOIN Kabupaten Wajo juga memberikan support dan dukungan terhadap Kepala Kesbangpol Wajo, Haji Alamsyah untuk posisi sebagai Sekda Wajo, Ia menilai kalau pengalaman dan potensi ilmu yang dimiliki seorang Haji Alamsyah saya kira pantas dan cocok untuk maju dan duduki jabatan Sekda Wajo kedepanya.

Selama ini kami mengenal beliau adalah sosok yang mudah berkoordinasi dan mempunyai komunikasi yang baik dengan semua kalangan, baik media, lembaga aktivis hingga ASN Wajo ataupun OPD OPD Pemkab Wajo dan juga dengan pengalaman dan juga dari segi aturan atau persyaratan yang cukup lengkap dimilikinya, disamping riwayat jabatan, pangkat dan juga sudah pernah ikut Diklat Pimpinan II yang menjadi syarat calon Sekda.”Saya kira sosok beliau ini cukup pantas dan pas untuk posisi tersebut dan membantu serta mendampingi Bupati dalam tugas dan kinerja”.Akunya

Secara terpisah Risma salah satu ASN lingkup Pemkab Wajo yang ikut dimintai tanggapan atau komentar berkaitan dengan sosok Sekda Wajo, juga mengatakan kalau sosok seorang Haji Alamsyah ini merupakan sosok yang bisa menduduki jabatan tersebut dan dinilai cocok untuk para ASN Wajo.”Kami pikir sebagai ASN Wajo, Pak Alamsyah ini memang tepatmi dan bisa duduk sebagai Sekda Wajo dan bisa memberikan berbagai terobosan terobosan dan solusi solusi terbaik”.Katanya ringkas dan diamini sejumlah ASN lainya yang enggang disebutkan namanya satu persatu

Sementara Bupati Wajo, Dr H Amran Mahmud dan Wakil Bupati Wajo, Amran SE, sangat serius menerapkan pemerintahan yang profesional, bersih, transparan dan lebih maksimal.

Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin dipromosikan atau menempati jabatan di lingkup Pemkab Wajo, jangan pernah berangan-angan jika pendekatannya “asal bapak senang” dan “cari muka”, apalagi mencoba “membeli” jabatan.

Tolak ukurnya adalah hasil survei kebijakan publik dari lembaga profesional yang ditunjuk Pemkab Wajo. Sehingga sangat obyektif, karena memotret temuan lapangan, baik tingkat kepuasan warga, kebutuhan yang diinginkan, maupun soal dampak program pemerintah yang dirasakan.

Bupati Wajo Amran Mahmud, saat dikonfirmasi, membenarkan hal itu. Menurutnya, setiap ada hasil survei kebijakan publik, para pimpinan OPD ditunjukkan temuan survei sesuai bidang atau tupoksinya masing-masing.

“Jadi dari hasil survei itu, ketahuan mana yang progresnya bagus, mana yang masih kurang, dan mana yang manfaatnya tidak dirasakan sama sekali oleh warga. Hasil survei inilah yang kita jadikan salah satu dasar mengevaluasi program, kinerja para pimpinan OPD dan ASN”. Ujar Amran Mahmud

Olehnya itu, lanjut dia, para ASN dituntut lebih profesional dan bertanggungjawab menjalankan setiap amanah yang diemban. Apalagi dengan kondisi pandemi Covid-19, dibutuhkan langkah-langkah yang efektif dan serius, serta bisa beradaptasi demi memulihkan perekonomian bangsa.

“Kita mesti punya langkah-langkah yang inovatif untuk bangkit dari masa pandemi Covid ini. Begitu pula koordinasi, sinergitas dan kerja sama yang baik harus selalu terjaga,” imbuh Amran.

Seperti diketahui hingga saat ini untuk pengisian jabatan defenitif Sekda Wajo, sementara dalam proses dan tahapan lelang jabatan dan sementara berjalan dan seperi diketahui salah satunya peserta lelang jabatan yang selalu mengikuti proses seleksi untuk pengisian jabatan untuk posisi Sekda Wajo yang selalu masuk dalam urutan rangking teratas yakni Haji Alamsyah.