Selain Serahkan Bantuan, Bupati Wajo Sudah Perintahkan Segera Normalisasi Sungai Lajokka

Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) – Bupati Wajo, Amran Mahmud, tidak ingin sekadar menerima laporan di meja kantor, tanpa turun langsung melihat kondisi warganya yang tertimpa musibah bencana alam banjir bandang.

Selasa siang (29/6/2021), Amran Mahmud mengunjungi langsung sekaligus menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir bandang di Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Sang Bupati datang bersama Wakil Bupati Wajo, Amran S.E., serta beberapa jajaran perangkat daerah, yakni Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perkimta, dari Dinas Sosial P2KBP3A, BPBD Wajo, serta Camat Tanasitolo.

Bantuan diserahkan ke empat desa terdampak banjir bandang yang terjadi pada akhir pekan lalu, yakni Desa Inalipue, Mannagae, Lowa, dan Tonralipue. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis dan dipusatkan di Desa Inalipue.

“Bantuan yang diserahkan berupa uang tunai dan sembako sesuai tingkat kerusakan. Untuk yang tingkat kerusakan berat akan mendapatkan bantuan tunai Rp2.500.000 ditambah paket sembako, kerusakan sedang uang tunai Rp1.500.000 dan sembako, serta yang terdampak mendapatkan paket sembako,” beber Amran Mahmud.

Hasil asesmen dan pendataan dari Dinas Sosial P2KBP3A, tercatat di Desa Inalipue ada 85 KK yang terdampak dengan 5 KK tingkat kerusakan rumah berat, 3 KK kerusakan sedang, dan 78 KK terdampak. Sementara, di Desa Mannagae 115 KK, Desa Tonralipue 17 KK, dan Desa Lowa 259 KK masing-masing terdampak.

“Total bantuan dari belanja tidak terduga APBD kita yang kita serahkan hari ini sejumlah Rp134.500.000. Untuk penyerahannya nanti akan dilanjutkan oleh dinas terkait,” ucap sosok bupati yang memang dikenal peduli kepada warganya ini.

Amran Mahmud pun berharap bantuan ini bisa bermanfaat kepada warga yang terdampak. “Semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban masyarakat kita yang terkena dampak dari bencana tersebut,” ucapnya.

Selain dari Pemkab Wajo, pada kesempatan ini Amran Mahmud juga menyerahkan bantuan dari Plt Gubernur Sulsel melalui BPBD dan Dinas Sosial Pemprov Sulsel.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Wajo menyampaikan terima kasih kepada Bapak Plt Gubernur Sulsel dan Pemprov Sulsel atas perhatiannya untuk Kabupaten Wajo. Insyaallah bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat kami,” tuturnya.

Usai penyerahan bantuan, Bupati meminta masyarakat untuk tetap semangat dan sabar menjalani ujian dari Allah subhanahu wa taala. Dia meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah daerah dan provinsi akan mencarikan solusi terbaik.

Soal langkah yang akan ditempuh Pemkab Wajo dalam menangani bencana ini, pihaknya akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang memiliki kewenangan dalam penanganan masalah sungai.

“Kami sudah perintahkan kepada Kepala Dinas PUPR agar berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai untuk segera melakukan normalisasi aliran Sungai Lajokka,” ujarnya. (Syaf)

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Diduga Ada Oknum Petani Kuasai Lokasi PTPN XIV Keera

Tue Jun 29 , 2021
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) –Aliansi Mahasiswa Indonesia Wajo Bersatu (AMIWB) bersama masyarakat Keera,kecamatan Keera,kabupaten Wajo,Sulsel di hari kedua kembali melakukan gerakan masuk ke wilayah perkebunan yang diduga dikuasai oknum petani dari luar kabupaten Wajo,Selasa 29/6/2021 Pantauan media ini ,selama 3 jam AMIWB bersama warga menduduki lahan yang dikelolah oknum […]