Juni 2021, Desa Bulu Siwa Kecamatan Pitumpanua Berubah Status Menjadi Desa Maju

Celebesplusonline.com (Wajo Sulsel) — Sebagaimana arahan dari Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi,memaparkan setidaknya ada tiga ciri yang menandakan sebuah desa akan maju.

Kades Bulusiwa, Amirullah,SP

Ciri yang pertama harus ada anak muda, pemerintah desa harus melibatkan anak-anak dalam setiap kegiatan desa, karena memiliki ide kreatif dan inovatif serta cenderung memiliki pemikiran yang out of the box.

“Selama ada anak mudanya desa itu berpotensi untuk maju, kita bukan anti orang tua,”

Sedangkan ciri kedua, desa harus miliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Selanjutnya, ciri yang terakhir yaitu partisipasi masyarakat. Pemerintah desa harus mampu menggerakkan masyarakat setempat agar mau berkontribusi dalam setiap kegiatan pembangunan desa.

Baharuddin, SH pendamping lokal desa Bulu Siwa

“Jadi ada keterlibatan masyarakatnya untuk kemajuan desanya, masyarakatnya bukan hanya menonton tapi juga ikut berkontribusi mendorong untuk kemajuan desa, baik pengawasan dan lain-lain,” .

Mungkin inilah yang di miliki desa Bulu Siwa saat ini,tepatnya pada Selasa,02 Juni 2021 desa Bulu Siwa di tetapkan dengan desa STATUS MAJU yang sebelumnya hanya desa berkembang.

Baharuddin,SH pendamping desa lokal mengakui jika desa binaannya yaitu desa Bulu Siwa kini telah di tetapkan menjadi desa berstatus MAJU.

” Tepatnya,Selasa,02 Juni 2021 saya bersama pemerintah desa Bulu Siwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo Provinsi Sulsel membuat berita acara bersama Kepala Desa Bulu Siwa,Amirullah,SP dengan menetapkan desa Bulu Siwa dengan STATUS MAJU”,Imbuhnya.

Lanjut kata Baharuddin,sebelumnya desa ini dalam kategori berkembang dan pada kesempatan ini di tetapkan desa Bulu Siwa menjadi status MAJU,kita telah melakukan pengukuran Indeks Desa Membangun ( IDM ) yang sesuai dengan Standar Oprasional Prosedur ( SOP ) ,

Selain itu, juga di lakukan pengukuran status perkembangan desa IDM dengan hasil kode provinsi 73 Sulsel,kode Kabupaten 7313 Wajo,kode kecamatan 731310 Kec.Pitumpanua,kode desa 731310202 Bulu Siwa,IKS 2021 0,7429,IKE 2021 0,7667,IKL 2021 0,6667 Nilai IDM 2021 0,7254,status IDM 2021 MAJU.

Pemerintahan desa Bulu Siwa berdiri sejak 2016 silam dengan beberapa desa lain yang ada di kecamatan Pitumpanua,setelah adanya pemekaran dari pemerintahan desa induk yaitu desa Batu .

Selama kurung waktu tiga tahun terakhir ini,desa Bulu Siwa di jabat Kepala Desa depenitif melalui jalur pilkades,dan saat itu desa Bulu Siwa masih di kategorikan desa berkembang.

Alhasil,bertepatan Selasa,02 Juni 2021 kemarin desa Bulu Siwa stausnya berkembang berubah statusnya MAJU,Terang Amirullah Kades Bulu Siwa.

” Terima kasih kepada semua warga masyarakat desa Bulu Siwa yang selama ini bekerja sama dengan segenap pemerintah desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan para Pendamping desa untuk terus Bersinergi dalam memajukan Desa Bulu Siwa sehingga desa ini menjadi Desa yang berstatus MAJU,Dan setiap usaha dan kerja keras tidak pernah terlepas dalam permohonan pertolongan dan Rahmat dari Allah Swt, tutup Ullah (sapaannya)
( Red )

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemdes Bau Bau Bagikan Galong ke Warga

Fri Jun 4 , 2021
Celebesplusonline.com ( Wajo Sulsel ) —Pemerintah desa Bau-Bau, kecamatan Pitumpanua, kabupaten Wajo membagikan tempat cuci tangan kepada warga desa setempat. Bersama Bhabinkamtibmas,Babinsa, kepala dusun bantuan tersebut diantar dan dikawal menggunakan mobil pick up kerumah-rumah warga untuk menhindari kerumunan dan mengedukasi warga tentang pentingnya tempat cuci tangan di setiap rumah.Sebelum dibagikan […]