Wajo  

Usai Ditetapkan PPKD,Dua Diantara Tiga Cakades di Lauwa Bakal Bersaing Ketat

Tiga Cakades Lauwa, Hajja Narwati, Hasrul Latif (Incumbent) & Erianto Ardi

Celebesplusonline.com (Wajo Sulsel)— Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 103 desa se kabupaten Wajo tinggal menghitung hari yang nanti di laksanakan Selasa, 25/5/2021 mendatang.

Tiga Cakades Lauwa, Hajja Narwati, Hasrul Latif (Incumbent) & Erianto Ardi

Beberapa tahapan sudah dilalui, hari ini adalah jadwal pengumuman Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) dan penetapan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangkaian Pilkades sekaligus pengundian Nomor Urut bagi calon kepala desa yang dinyatakan lolos berkas.

Terkhusus di desa Lauwa kecamatan Pitumpanua, merupakan desa yang akan melaksanakan Pilkades dari 103 desa di kabupaten Wajo mengikuti Pilkades serentak 2021.

Ketua PPKD desa Lauwa Mansruddin S.Pd memimpi langsung pleno terbuka, serta membacakan surat PMD kabupaten Wajo yang ditujukan kepada PPKD desa Lauwa tertanggal 3/5/2021, bahwa berdasarkan hasil verifikasi berkas dan hasil uji kompetisi bakal calon kepala desa berdasarkan ketentuan pasal 23 huruf e dan g pasal 30 ayat 1,2,3 Perbup Wajo No 8 tahun 2015, tentang petunjuk teknis pelaksana Perda kabupaten Wajo No I tahun 2015 tentang tatacara pemilihan,pengankatan,masa jabatan dan pemberhentian kepala desa.

“Berdasarkan hasil verifikasi berkas sesuai administrasi dan telah mengikuti hasil uji kompetisi dengan hasil baik dari PMD kab Wajo menetapkan ada tiga bakal calon kepala desa dinyatakan lolos jadi calon kepala desa Lauwa, yakni Asrul Latif S.Sos, Herianto Ardi dan Hj Narwati,” jelas Mansruddin S.pd saat memimpi rapat pleno terbuka penentuan Cakades dan pencabutan nomor urut Cakades desa Lauwa di aula SDN 187 Lauwa, Selasa 4/5/2021.

Kemudian, Mansruddin juga meyampaikan bahwa PPKD dan PPK sub kabupaten Wajo tidak bertanggung jawab dan tidak berwenang bila mana di kemudian hari ditemukan suatu dokumen tidak asli (palsu) Cakades, maka Cakades siap bertanggung jawab sesuai UU yang berlaku dan calon digugurkan berdasar surat edaran dari dinas PMD Wajo yang dibacakan di hadapan peserta rapat peleno terbuka tahapan pilkades serentak 2021 desa Lauwa.

“Pada saat pengundian nomor urut calon desa lauwa diperoleh hasil, no urut 1 Hj.Narwati no urut 2, Asrul Latif S.Sos, sementara no urut 3 dicabut Herianto Ardi,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Urban Pitumpanua melalui Kanit Intelkam Aiptu Wahudin menyampaikan dan mengharapkan kepada warga desa Lauwa dapat menciptakan Pilkades damai, lancar, aman, terbuka.

“Kita semua ini saudara, saya pesankan kepada calon, anda adalah warga terbaik didesa ini, untuk jadi calon kepala desa yang siap dipilih oleh warga, siap kalah dan siap menang. Kita mau Pilkades di desa Lauwa jadi contoh di Pilkades serentak di Wajo, damai, aman dan tentram,” jelas Aiptu Wahudin.

Hal-hal yang bisa memicu kekacauan di Pikades serentak di desa Lauwa, seperti money politik, cemohan para pendukung mohon dihindari demi amannya desa kita, katanya.

Adapun calon kepala desa Lauwa Asrul Latif S.Sos yang merupakan incumbent yang dihubungi setelah penentuan nomor urut Cakades sangat bersyukur bisa kembali terpilih jadi Cakades Lauwa periode keduanya, dan berterima kasih telah mengambil no urut 2 .

“Dengan saya cabutnya nomor urut 2, saya mengharap bisa terpilih kembali dua periode berkat dukungan dan doa semua masyarakat desa Lauwa untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi masyarakat dan desa lauwa, bisa lebih maju dan berkembang,” ungkap Asrul Latif kepad media ini.

Sementara calon kepala desa Lauwa Herianto Ardi yang memperoleh no urut 3, yang juga merupakan PLT ketua DPD KNPI Wajo, menyampaikan atas Rahmat dan izin Allah hari ini Selasa 4 April 2021 saya mendapatkan no urut 3.

“Semoga angka ini mampu mewujudkan harapan baru dengan energy baru di desa Lauwa, muda, peduli dan profesional adalah tagline yang akan kami tawarkan ke masyarakat desa Lauwa,” kata Ardi saat dihubungi melalui whatsapp.

Ardi menjelaskan “Muda” dengan umur yang masih muda, calon no urut 3 telah mewakafkan diri untuk masyarakat desa Lauwa yang akan pro aktif ke tengah tengah masyarakat.

“Sementara “Profesional” dimaknai senantiasa mengedepankan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi, “Peduli” diartikan senantiasa hadir ditengah tengah masyarakat,” ungkap Ardi.

Rapat pleno terbuka penetapan pemilihan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa, dan pengundian nomor urut calon kepala desa, serta penetapan Daftar Pemilih Sementara menjadi Daftar Pemilih Tetap, memutuskan dengan rincian jumlah DPT : 1304 wajib pilih, dusun Lamonyi : 475 wajib pilih, dusun Bocco Bocco : 473 wajib pilih dusun Batu Bolong : 356 wajib pilih.

“Pertarungan pilkades didesa Lauwa dipastikan seru dan ketiga calon berpeluang jadi pemenan, akan tetapi dua calon ini Herianto Ardi dan Asrul Latif S.Sos dipastikan kuat bersaing ketat merebut simpati masyarakatnya,” ungkap salah satu warga desa Lauwa kepada media ini, yang identitas tidak mau di publikasikan.

Alasannya, Herianto Ardi merupakan tokoh pemuda intens, agresif dan ulet yang dinantikan masyarakat desa Lauwa untuk membangun desa ini kedepannya lebih maju dan makmur, sementara Asrul Latief masih diharapkan masyarakat melanjutkan pemerintah didesa Lauwa, karena keramahan, pelayanannya masih sangat baik dan bermasyarakat, katanya.( BB )

Editor : Sultan