Satu Rumah Panggung Ludes Dilalap Api, Kapolsek Urban Pitumpanua Imbau Agar Warga Selalu Waspada Dan Berhati-Hati Saat Memasak

Celebesplusonline.com (Wajo Sulsel) — Hj Nise binti Dance (50) hanya bisa menangis tersedu. Tatapannya terlihat kosong, melihat puing – puing rumahnya habis dilalap si jago merah.

Tak pernah terlintas sedikitpun dibenak ibu rumah tangga (IRT)
di dusun Bajoe desa Lacinde kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo.

Keinginan untuk membuat sajian makanan buka puasa untuk keluarga, berubah jadi petaka setelah rumah panggung miliknya rata dengan tanah, Jumat (23/4/2021) sekitar pukul 16.30 Wita.

Kapolsek Pitumpanua, Kompol Jasman Parudik, melalui rilis tertulisnya mengungkapkan, berdasarkan keterangan saksi, korban Hj Nise saat itu sedang memasak nasi di dapur dengan menggunakan dua buah kompor dan dua buah gas tiga kilo gram.

Namun belum juga nasi yang dinanaknya masak, tiba – tiba salah satu kompor yang digunakan padam karena kehabisan gas, sehingga korban langsung mengganti tabung gas tersebut.

“Namun saat mengganti tabung, korban tidak memadamkan kompor yang satunya. Sehingga ketika selang tabung gas yang dianggapnya habis itu tadi dia buka, tiba-tiba gas menyembur keluar ke kompor yang masih menyala tadi,” ungkap Kompol Jasman.

Akibatnya, kata dia, api langsung menjalar dan langsung membesar sehingga tabung gas meledak.

“Korban sebenarnya sempat berusaha memadamkan api, namun api tambah membesar,” katanya.

Untungnya, lanjut Kompol Jasman, suaminya Mase, yang saat itu berada di samping rumah saat mendengar teriakan istrinya segera naik ke atas rumah dan menarik tubuh korban sehingga selamat dari kobaran api.

“Nyawa korban berhasil diselamatkan. Tapi Nise mengalami luka bakar pada kedua kaki, kedua tangan dan wajah. Korban sudah kita bawa ke RSU Siwa untuk dirawat,” tambahnya.

Warga sekitar yang berdatangan membantu memadamkan api tak bisa berbuat banyak. Begitupun dengan tim Damkar. Apalagi rumah yang terbuat dari kayu sehingga mudah terbakar.

Lebih lanjut, mantan Kapolsek Sajoangin ini menjelaskan, selain satu unit rumah panggung. Uang tunai milik korban sebesar Rp 30 juta rupiah dan emas seberat 10 gram serta 2 buah handpone juga ludes terbakar.

Begitupun dengan alat-alat perabotan rumah tangga dan 200 kg jagung sudah panen juga habis jadi debu.

“Teman-teman masih melakukan olah TKP, kerugian ditaksir ratusan juta rupiah,” sambungnya.

Atas peristiwa ini, Kapolsek Pitumpanua inipun mengimbau warga untuk selalu waspada dan berhati-hati saat memasak. Terutama pada bulan suci Ramadhan, agar selalu mengecek dapur sebelum keluar atau pergi shalat tarawih.

“Diduga kebakaran terjadi akibat kelalaian pemilik rumah yang tidak memadamkan api salah satu kompor gas yang digunakan memasak sebelum mengganti tabung yang gas yang satunya. Tentu kita berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” imbaunya. (BB)

Editor : Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Gerbong Mutasi Polres Wajo Bergulir, Kapolres : Terima Kasih Atas Dedikasi Dan Prestasinya Selama Ini

Sat Apr 24 , 2021
Celebesplusonline.com (Wajo Sulsel) — Kembali bergulir, gerbong mutasi di Polres Wajo Polda Sulsel. Sejumlah perwira dipindahtugaskan ditempat yang baru. Kapolres Wajo AKBP Muhammad Islam Amrullah,S.IK.,MM memimpin langsung upacara serah terima jabatan (Sertijab) di lapangan upacara Polres Wajo, Jumat (23/4/2021)kemarin. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Waka Polres Wajo, Para Kabag, Para Kasat, […]