Musrembang Pitumpanua, Bupati ; Pembagunan 2022 Fokus Di Infastruktur Jalan Dan 3 L

Celebesplusonline.com (Wajo Sulsel) — Musrembang (Musyawarah Rencana Pembangunan) RKPD Kecamatan Pitumpanua untuk rencana pembangunan 2022 dilaksanakan dihalaman kantor Camat Pitumpanua,(5/2/2021)

Kegiatan Musrembang tersebut dihadiri Bupati Wajo Dr.H.Amran Mahmud,S.Sos,M.Si, Wakil Bupati Wajo H Amran SE,Ketua DPRD Wajo H.A Muh Alauddin, S.Sos, Elfrianto ST, keduanya dari Fraksi PAN.

Juga nampak hadir Hj Andi Suleha Selle,SH dari Fraksi Nasdem, Mustarin,SE dari Fraksi PKB, Mursalin dari Fraksi PKS serta sejumlah OPD kabupaten Wajo, Forkopimca kecamatan Pitumpanua, tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala desa dan lurah se kecamatan Pitumpanua.

Dalam sambutan Camat Pitumpanua Hj Nisrinah, S.Stp,M.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang tahun ini berbeda tahun sebelumnya, di Pitumpanua dengan 27 desa dan kelurahan. Ada 23 desa dan 4 kelurahan, berdasarkan usulan perioritas yang sudah diajukan berdasarkan musrembang desa dan kelurahan terdapat 262 usulan yang di input melalui SIPD.

“Yang masuk by sistem 213 usulan, selebihnya 1 tidak diajukan,14 tidak terinput,16 usulan perioritas yang dikembalikan sesuai sistem dengan berbagai alasan by sistem, akhirnya 113 usulan yang terangkum dalam bidang infrastruktur dan kewilayaan yang favorit dari semua usulan di ajukan untuk RKPD Pitumpanua 2022,” jelas Hj Nisrinah saat membaca laporan di hadapan Bupati dan Wakil Bupati Wajo, kemarin 15/2/2021.

Sementara Bupati Wajo Dr H Amran Mahmud, S.Sos,M.Si dalam sambutannya memaparkan tema Musrembang “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Daya Saing Daerah Kita”. Untuk mencapai tema ini maka kita harus fokus pada prioritas pembangunan untuk pembagunan di tahun 2022. Kita harus fokus di infastruktur Jalan, listrik dan pengairan,atau 3L sesuai program Pammase saat kampanye (laleng, listrik, ledeng).

“Kami harapkan kepada kita semua,agar program yang kita sudah kita sepakati yang terinput, yang terkawal betul betul program sesuai dengan visi misi kita. Agar capaian untuk kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah kita isyah kita wujudkan secara bersama sama. Olehnya itu kami harap kepada seluruh pemangku kepentingan (satholder) mengawal program pro rakyat untuk program pemulihan ekonomi kita,” jelas Amran Mahmud saat menghadiri Musrembang di kecamatan Pitumpanua, Senin,15/2/2022.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Wajo H Amran SE, menjelaskan untuk sektor kesehatan, yang pertama pada tahun ini seluruh BPJS masyarakat Kabupaten Wajo akan digratiskan oleh pemerintah, Jadi tidak ada lagi kasus penolakan pasien yang sakit di puskesmas.

” Kartu Pammase yang berwarna biru semua akan diganti, saya minta kepada seluruh kepala desa untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk melengkapi data dan berkas-berkasnya karena pemerintah Kabupaten Wajo sudah menyiapkan dana 54 Milyar,” ungkap Amran SE.

Selain kartu BPJS, saya bersama bapak Bupati me-Launching callsenter 112 MASSIGA yang berada di sengkang (dekat kantor polres) tujuan utamanya adalah agar bagaimana masyarakat dapat berintraksi langsung pada saat keadaan darurat (kesehatan, bencana, dll) cukup dengan menekan 112 di ponsel kita (bebas pulsa) akan dilayani oleh PC kita selama 24 jam yang ada di sengkang,ini semua terkoneksi semua dengan puskesmas, pemadam kebakaran, Polres, jelasnya lebih lanjut.

“Musrenbang ini rata-rata permintaannya adalah infrastruktur, tentu kita sepakati bersama karena kalau infrastruktur kita bagus maka semuanya akan berputar dengan baik,” tutupnya (Adv)

Laporan : Bust

Editor : Sultan