Wajo  

Giat Satlantas Polres Wajo Menekan Angka Kecelakaan Lalulintas

Celebesplusonline.com (Wajo Sulsel) –Tingginya angka kecelakaan lalulintas di Kabupaten Wajo, membuat Satlantas Polres Wajo giat melakukan sosialisasi untuk menekan angka kecelakaan lalulintas.

Awal Januari 2021, sudah lima orang tewas puluhan orangluka luka dijalur Trans Sulawesi, poros Makassar -Palopo tepatnya di Kabupaten Wajo.

Kasat Lantas Polres Wajo, AKP Muhammad Yusuf,mengatakan saat ini Sat Lantas Polres Wajo melakukan upaya pencegahan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Kami gencarkan strong point patroli dan pengaturan lalulintas pada titik rawan lakalantas sepanjang jalan trans sulawesi poros Makassar-Palopo tepatnya di Kecamatan Keera Kabupayen Wajo,” kata Kasat Lantas Polres Wajo, AKP Muhammad Yusuf, S.Sos.MSi Senin (17/1/2021)

Selain itu menurut Muhammad Yusuf, juga sudah memasang spanduk himbauan tertib lalu lintas, berupa papan bicara pada beberapa lokasi titik rawan laka lantas khususnya jalan trans Sulawesi Makassar-Palopo.

“Bukan hanya itu,unit dikyasa gencar melaksanakan sosialisasi baik secara langsung maupun melalui siaran radio dan media sosial serta penerangan keliling (penlin) guna menekan angka kecelakaan lalulintas wajib,” tambahnya.

Sementara, Kanit Laka Polres Wajo Iptu Abdul Muhaemin, S.Sos,S.H menghimbau kepada para pengguna jalan untuk tetap menaati peraturan lalu lintas, tidak ngebut di jalan raya, saling memberi kesempatan, dan singgah beristirahat apabila mengantuk. Mengingat jalur trans sulawesi poros Makassar-Palopo rawan terjadi kecelakaan lalu lintas, maka mari kita tertib berlalu lintas.

“Tetap taati peraturan lalu lintas, sebab keluarga kita menunggu di rumah,” katanya

Berikut kasus kecelakaan yang menewaskan pengendara selama awal Januari 2021 di jalur trans Sulawesi poros Makassar-Palopo di wilayah Kabupaten Wajo.

1. Di Kecamatan Keera pada Jumat (1/1/2021) saat itu, seorang pengendara motor bernama Firman (20) tewas usai menabrak truk parkir.

2. Di Kecamatan Sajoanging pada Senin (4/1/2021) saat itu, sebuah mobil pick up yang sedang berhenti di pinggir jalan ditabrak dari belakang oleh mobil minibus. Penumpang mobil pick up bernama Resky Untung (14) meninggal dunia di TKP.

3. Di Kecamatan Pitumpanua pada Minggu (10/1/2021) lalu. Seorang pengendara motor yang melintasi sebuah lubang tiba-tiba saja oleng dan terjatuh hingga ditabrak oleh sebuah truk. Pengendara motor bernama Muhammad Yunus (66) itu tewas di TKP.

4. Di kecamatan Gilireng,Senin 11/1/2021 siang, kecelakaan melibatkan tiga mobil Ke tiga mobil masing-masing Kijang Innova nomor plat DP 1729 AN, Xenia nomor plat DD 1431 US, dan Avanza dengan nomor plat DP 1459 MT. Tidak ada korban jiwa, sopir dan penumpang mengalami luka-luka,

Yaitu 5 orang di mobil Avanza serta 4 penumpang beserta sopir di mobil Xenia. Sejumlah korban yang mengalami luka serius dirujuk ke RSUD Parepare dan sisanya menjalani perawatan di puskesmas terdekat.

5. Yang mana TKPnya di jalan poros Palopo-Makassar tepatnya di Longka Kelurahan Ballere Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sabtu 16/1/2021 pukul 16.15 wita.
Kecelakaan tunggal Toyota Avanza nopol DT 1219 EA yang dikemudikan oleh Lukman (46) warga kecamatan Asinua, Kabupaten Konawe, Kendari, Sulawesi Tenggara. Mengakibatkan 7 orang penumpang luka luka dan pengemudi sendiri meninggal dunia di TKP dan Terakhir

6. Lagi- lagi laka lantas kembali terjadi di KM 276-277 Poros Makassar – Siwa tepatnya di Kelurahan Tobarakka Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo pada hari Ahad, 17 Januari 2021 pukul 09.20 Wita.Toyota Agya DD 1061 RD Dengan Sepeda motor Merk Honda DW 2016 OJ. Mengakibatkan korban Sagoni (71) mengalami luka serius awalnya dirawat di RSUD Siwa lalu di rujuk ke RSUD Bataraguru Belopa Kabupaten Luwu tak lama kemudian meninggal dunia pada sore harinya.(satlantas_wajo)

Editor : Sultan