Dinas PMD Gencar Lakukan Sosialisasi Jelang Berakhirnya Masa Bakti Anggota BPD Di 112 Desa

Celebesplusonline.com (Wajo Sulsel) — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Wajo kembali melakukan kegiatan Sosialisasi Pemilihan/Pengisian Anggota Badan Permusyawaratan Desa di Aula Kantor Dinas PMD jalan Veteran Sengkang. Jum’at (23/10/2020)

Kegiatan ini merupakan hari ke 2 dari 4 hari yang sudah dijadwalkan oleh Dinas PMD tersebut. Kegiatan ini diselenggarakan karena berakhirnya masa bakti anggota BPD di 112 desa yang ada di Kabupaten Wajo.

Turut hadir Kepala Dinas PMD,Dra. Hj. Andi Liliyannah, M.M,Kabid Bina Pemerintahan Desa dan Kasi Pemerintahan Desa serta pendamping profesional kabupaten selaku Pembawa Materi dalam kegiatan ini.

Kadis PMD, Dra. Hj. Andi Liliyannah, M.M, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan terima kasih kepada para kepala desa dari tiga kecamatan yang menjadi peserta pada hari ini yaitu Takkalalla, Bola dan Tanasitolo.

“Kami berharap kepada Camat dan Kepala Desa agar ikut berperan aktif dalam suksesnya pengisian anggota BPD di desa serta tetap menjaga netralitasnya sebagai penyelenggara dan pengawas pemilihan anggota BPD ditingkat desa,” harap Andi Liliyannah,23/10/2020.

Andi Yusri Jaya, S.E, M.A.P selaku pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan 4 hari untuk menghindari kerumunan peserta dan pelaksanaannya pun tetap menerapkan protokol kesehatan serta wajib memakai masker bagi peserta sosialisasi.

“Kegiatan sosialisasi ini kami laksanakan untuk menambah pengetahuan bagi kepala desa tentang tata cara pemilihan anggota BPD di desa sebagaimana telah diatur dalam Perda Kab. Wajo No 4 Tahun 2017,” jelas Andi Yusri Jaya di hadapan para peserta.

Lanjut, dalam membawakan materinya, Andi Yusri Jaya, memaparkan secara teknis tata cara pemilihan atau pengisian anggota BPD di desa yang tetap menggunakan pola musyawarah keterwakilan dari para tokoh masyarakat yang ada di desa dan peran penting anggota BPD dalam perhelatan pilkades serentak yang akan diselenggarakan oleh 103 desa yang ada di Kabupaten Wajo tahun depan.

Disamping itu, Saiful, S.E, M. I.Kom selaku Kabid Bina PemDes juga memaparkan teknis penggunaan dana desa mengingat diperpanjangnya pemberian BLT di desa sampai dengan bulan Desember tahun ini.

Setelah diadakannya Sosialisasi ini, kami berharap dalam proses pemilihan anggota BPD nantinya berjalan sesuai prosedur yang kami sampaikan dan berharap juga kemasyarakat agar ikut ambil bagian dalam proses pemilihan BPD ini sehingga yang terpilih nantinya betul betul yang bisa mewakili masyarakat dalam menyampaikan prioritas Pembangunan di desa tersebut, tutup Andi Yusri. (Adventorial) Penulis Bust
Editor : Sultan